:::: MENU ::::

Seputar Big Data edisi #67

Kumpulan berita, artikel, tutorial dan blog mengenai Big Data yang dikutip dari berbagai site. Berikut ini beberapa hal menarik yang layak untuk dibaca kembali selama minggu keempat bulan Maret 2019.

Artikel dan berita

  1. Turing Award And Million Given To 3 AI Pioneers
    The Association for Computing Machinery (ACM) memberikan penghargaan kepada Yoshua Bengio, Geoffrey Hinton dan Yann LeCun dengan award yang oleh banyak orang dianggap sebagai “Hadiah Nobel komputasi,” untuk inovasi yang mereka buat di bidang AI. Hadiah $1 juta yang didanai oleh Google, dinamai sesuai dengan ahli matematika Inggris Alan Turing, yang meletakkan dasar teoritis untuk ilmu komputer.
  2. McDonalds Orders a Large Side of Personalisation Technology
    McDonalds telah membeli perusahaan teknologi personalisasi dan “logika keputusan”, Dynamic Yield, yang dilaporkan bernilai $300 juta, dan menyatakan bahwa akuisisi tersebut akan membawa MCDonalds menjadi “salah satu perusahaan pertama yang mengintegrasikan teknologi keputusan ke dalam titik penjualan fisik.”
  3. Menilik Dampak AI dalam Tiga Tahun di Indonesia
    Presiden Direktur Microsoft Indonesia Haris Izmee mengatakan hasil penelitian bersama IDC Asia Pasifik menunjukkan bahwa penggunaan AI akan mendorong peningkatan inovasi di Indonesia hingga 1,7 kali lipat. Di Asia Pasifik sendiri, peningkatan inovasi karena AI akan meningkat 1,9 kali lipat. Haris mengatakan hal ini bagus untuk Indonesia. Inovasi dengan penggunaan AI akan menumbuhkan sistem digital ekonomi di Indonesia.
  4. Amazon to fund $10M to improve fairness in AI research
    Amazon bekerja sama dengan US National Science Foundation dengan memberikan total $10 juta dalam hibah penelitian selama tiga tahun ke depan untuk membantu meningkatkan fairness dalam bidang kecerdasan buatan.
  5. How I Built the Perfect Data Science Team
    Bagaimana membangun tim data sains berbeda dari tim development? Baca artikel ini untuk mendapatkan gambaran dari seorang ahli big data, terkait pengalamannya membentuk tim data saintis sejak 12 tahun yang lalu.
  6. 5 Practical Applications of AI in Contemporary Industries
    Saat ini kecerdasan buatan merambah berbagai bidang. Sejumlah elemen AI telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Dari rumah pintar dan Internet of Things hingga teknik manufaktur, kecerdasan buatan digunakan saat kita berbicara untuk meningkatkan kehidupan kita. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari lebih lanjut tentang lima cara praktis AI digunakan di beberapa bidang utama.

Tutorial dan pengetahuan teknis

  1. R vs Python for Data Visualization
    Artikel ini menunjukkan pembuatan plot serupa di R dan Python menggunakan dua paket visualisasi data paling populer, yaitu ggplot2 dan Seaborn.
  2. Visualizing Trends in a Time Series With Pandas
    Sekilas mengenai cara menggunakan Python dan library Pandas untuk membuat visualisasi data dengan data yang dikumpulkan dari Google Trends.
  3. Reducing the Need for Labeled Data in Generative Adversarial Networks
    Untuk sintesis gambar alami, hasil canggih dicapai oleh GAN bersyarat yang memerlukan data berlabel untuk training. Pendekatan ini membutuhkan sejumlah besar data berlabel yang biasanya jarang tersedia. Artikel ini menjelaskan mengenai pendekatan baru untuk mengurangi jumlah data berlabel yang diperlukan untuk melatih GAN bersyarat.
  4. Uber Case Study: Choosing the Right HDFS File Format for Your Apache Spark Jobs
    Apache Spark mendukung sejumlah format file yang memungkinkan beberapa records disimpan dalam satu file. Setiap format file memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Dalam artikel ini diuraikan mengenai format file yang digunakan oleh tim Pengumpulan Data Maps di Uber untuk memproses sejumlah besar citra dan metadata untuk mengoptimalkan pengalaman bagi konsumen.
  5. Running Apache Flink on Kubernetes
    Artikel ini memaparkan mengenai bagaimana mengembangkan sebuah aplikasi stream prosesing menggunakan Flink di atas Kubernetes.
  6. Data Pipelines, Luigi, Airflow: Everything you need to know
    Posting ini berfokus pada sistem manajemen alur kerja (workflow management system) Airflow : apa itu, apa yang dapat Anda lakukan dengannya, dan bagaimana perbedaannya dari Luigi. Airflow dikembangkan di Airbnb pada tahun 2014 dan pada 2016 ia bergabung dengan program inkubasi Apache. Luigi adalah paket python untuk membangun workflow kompleks, dikembangkan di Spotify.

Rilis Produk

  1. The Apache Software Foundation Announces Apache® Unomi™ as a Top-Level Project
    Apache Software Foundation menyatakan bahwa Apache Unomi lepas dari status inkubator dan menjadi top-level project.
    Apache Unomi adalah Customer Data Platform (CDP) berbasis standard, yang mengelola pelanggan online, prospek, dan informasi pengunjung, untuk memberikan pengalaman yang dipersonalisasi dengan memperhatikan aturan privasi seperti GDPR dan pilihan “Do Not Track”. Project ini awalnya dikembangkan oleh Jahia, dan di-submit ke Apache incubator pada Oktober 2015.
  2. Apache Solr 8.0.0 released
    Sebagai rilis utama, Solr 8 menghapus banyak API yang sudah usang, mengubah berbagai default parameter dan perilaku. Beberapa perubahan mungkin memerlukan indeks ulang konten Anda. Oleh karena itu Anda dianjurkan untuk membaca “Upgrade Notes” di http://lucene.apache.org/solr/8_0_0/changes/Changes.html atau dalam file CHANGES.txt yang menyertai rilis. Solr 8.0 juga mencakup banyak fitur baru lainnya dan juga banyak optimisasi dan perbaikan bug dari rilis Apache Lucene yang sesuai.
  3. Kubernetes 1.14: Production-level support for Windows Nodes, Kubectl Updates, Persistent Local Volumes GA
    Kubernetes 1.14 terdiri dari 31 peningkatan: 10 pindah ke level stabil, 12 dalam level beta, dan 7 baru. Tema utama dari rilis ini adalah ekstensibilitas dan mendukung lebih banyak beban kerja di Kubernet dengan tiga fitur utama yang beralih ke general availability, dan fitur keamanan penting yang beralih ke level beta. Lebih banyak peningkatan yang lulus ke tingkat stabil dalam rilis ini daripada rilis Kubernet sebelumnya. Selain itu, dalam rilis ini terdapat peningkatan Pod dan RBAC yang penting.

Contributor :


Tim idbigdata
always connect to collaborate every innovation 🙂
Tertarik dengan Big Data beserta ekosistemnya? Gabung
Jasa joki ml