:::: MENU ::::

Seputar Big Data edisi #58

AI menciptakan jutaan lapangan kerja, Intel dan Facebook menciptakan chip AI yang lebih murah, deteksi dini alzheimer dengan AI 6 tahun lebih cepat dari diagnosis medis, dan berbagai tutorial serta artikel teknis seperti bagaimana membangun aplikasi streaming dengan Kafka Stream API, NLP dengan deep learning dan lain-lain, adalah beberapa topik yang disajikan dalam Seputar Big Data kali ini.

Seputar big Data edisi 58 adalah kumpulan berita, artikel, tutorial dan blog mengenai Big Data yang dikutip dari berbagai site. Berikut ini beberapa hal menarik yang layak untuk dibaca kembali selama minggu kedua bulan Januari 2019.

Artikel dan berita

  1. AI Will Create Millions More Jobs Than It Will Destroy. Here’s How
    Ungkapan yang populer adalah bahwa AI akan menghapus banyak pekerjaan manusia.
    Namun sebenarnya AI juga menghasilkan banyak lapangan kerja baru, seperti yang dipaparkan dalam artikel ini.
  2. Baidu unveils open source edge computing platform and AI boards
    Baidu mengumumkan OpenEdge, platform komputasi open source yang memungkinkan pengembang membangun aplikasi edge “dengan lebih banyak fleksibilitas”. Baidu juga mengumumkan dua platform pengembangan perangkat keras AI : BIE-AI-Box, kit analisis video yang dikembangkan bersama Intel, dan BIE-AI-Board, sebuah chipboard untuk klasifikasi objek.
  3. CES 2019: Intel, Facebook Working on Cheaper AI Chip
    Intel dan Facebook bekerja sama mengembangkan AI Chip yang diberi nama “Nervana Neural Network Processor for Inference” (NNP-I). Chip ini diharapkan menjadi solusi yang lebih murah untuk kebutuhan kecerdasan buatan yang membutuhkan kapasitas komputasi besar.
  4. Researchers Develop AI That Detects Alzheimer’s Six Years Early
    Salah satu permasalahan pada penyakit Alzheimer adalah ketika semua gejala klinis terwujud dan diagnosis dapat ditegakkan, terlalu banyak neuron yang telah mati, sehingga pada dasarnya efeknya tidak dapat dibalikkan. Hal inilah mengapa deteksi dini sangat diperlukan. Para peneliti di UC San Francisco mengembangkan sistem AI yang dapat mendeteksi Alzheimer secara dini, yaitu enam tahun sebelum diagnosis yang sebenarnya.
  5. GE Healthcare, Vanderbilt partner on AI-enabled precision medicine
    Kemajuan dalam pengobatan kanker seperti imunoterapi menjanjikan keberhasilan yang lebih besar tetapi juga mengandung risiko yang tinggi dan hasil yang terkadang tidak pasti. GE Healthcare bekerja sama dengan Vanderbilt University Medical Center mengembangkan aplikasi AI yang akan menganalisa data pasien yang dianonimkan untuk membantu dokter menentukan program terapi yang lebih baik.

Tutorial dan pengetahuan teknis

  1. Getting Your Feet Wet with Stream Processing – Part 1: Tutorial for Developing Streaming Applications
    Tutorial mengenai stream processing menggunakan Kafka Stream API. Pada bagian pertama dari 2 serial ini dijelaskan mengenai bagaimana membangun aplikasi streaming secara langkah demi langkah dengan jelas, lengkap dengan contoh dan latihan.
  2. Modern Deep Learning Techniques Applied to Natural Language Processing
    Resource mengenai overview tren terkini dalam pemrosesan bahasa alami (NLP) berbasis deep learning. Mencakup penjelasan teoritis dan implementasi detail berbagai model deep learning, seperti RNN, CNNs, dan reinforcement learning, yang digunakan untuk menyelesaikan berbagai tugas dan aplikasi NLP.
  3. Introduction to Regularization to Reduce Overfitting of Deep Learning Neural Networks
    Overfitting adalah permasalahan yang cukup pelik dalam training model, terutama model yang kompleks seperti deep neural network. Artikel ini membahas mengenai permasalahan ini dan regularization untuk mengatasinya.
  4. Developing a Graph in Spark and Scala
    Artikel yang membahas tentang dasar-dasar teori graph dan bagaimana menerapkan teori ini ke dalam kode menggunakan Scala dan Spark framework.

Rilis Produk

  1. Apache HBase 2.1.2 is now available for download
    HBase 2.1.2 adalah rilis terbaru dari garis HBase 2.1. Rilis ini memperbaiki masalah kritikal yang ditemukan di 2.1.1 dan 2.0.3. Mencakup ~70 bug dan perbaikan yang dilakukan sejak 2.1.1, dirilis.
  2. Apache Flume 1.9.0 released
    Apache Flume 1.9.0 mencakup 3 fitur baru, serta sekitar 45 peningkatan dan juga perbaikan bugs.
  3. The Apache Software Foundation Announces Apache® Airflow™ as a Top-Level Project
    Apache Airflow ‘lulus’ dari Apache Incubator dan dinyatakan sebagai Top-Level Project.
    Apache Airflow adalah sistem otomatisasi alur kerja dan scheduling yang scalable, untuk membuat dan mengelola pipeline pemrosesan big data.
  4. OpenNLP 1.9.1 released
    Apache OpenNLP team merilis versi 1.9.1. Apache OpenNLP library adalah toolkit berbasis pembelajaran mesin untuk pemrosesan teks bahasa alami. Library ini mendukung berbagai task NLP seperti tokenization, segmentasi kalimat, POS tagging, NER, chunking, dan parsing.

Contributor :


Tim idbigdata
always connect to collaborate every innovation 🙂
Tertarik dengan Big Data beserta ekosistemnya? Gabung
Jasa joki ml