:::: MENU ::::

Seputar Big Data Edisi #27

Kumpulan berita, artikel, tutorial dan blog mengenai Big Data yang dikutip dari berbagai site. Berikut ini beberapa hal menarik yang layak untuk dibaca kembali selama minggu ke 4 bulan Agustus 2017

Artikel dan berita

  1. Big data in financial services: 9 companies to watch
    Daftar beberapa perusahaan yang membawa Big Data ke sektor jasa keuangan dan bagaimana mereka mengubah lanskap menjadi pemikiran yang lebih maju dan lebih siap menghadapi masa depan keuangan.
  2. Big Data Analytics to Disrupt U.S. Next-generation Sequencing Informatics Market with Double-digit Growth
    Dalam laporan riset pasar Frost & Sullivan, "Transformation and Growth Opportunities in the US Next-generation Sequencing Informatics Market, Forecast to 2021," ditemukan bahwa pasar IT untuk NGS Amerika menghasilkan pendapatan sebesar $ 416 juta pada tahun 2016 dan diharapkan untuk mencatat tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 19,0 persen sampai tahun 2021.
  3. Groupon is a massive data-driven experiment — this team helps run it
    Groupon telah melakukan tweak dan menguji setiap bagian platform e-commerce yang dimilikinya untuk mengetahui secara tepat apa yang membuat pelanggan melakukan sebuah klik. Namun demikian Groupon terus melakukan ujicoba untuk menambahkan fitur baru yang meningkatkan bisnis dan membuang fitur yang tidak sesuai.
  4. Report shows that AI is more important to IoT than big data insights
    Sebuah survey yang dilakukan menunjukkan bahwa sebagian besar perusahaan yang menerapkan IoT mengalami kesulitan karena besarnya biaya pemeliharaan. Apakah big data analysis tidak cukup sebagai solusinya? Bagaimana peran AI dalam hal ini?
  5. 6 Ways Big Data is enhancing the global supply chain
    Seiring dengan semakin kompleksnya sistem supply chain di seluruh dunia dan semakin besarnya tuntutan pelanggan, makin sengit pula persaingan dalam penyediaan aplikasi dan sistem yang dapat mengelola secara efektif dengan memanfaatkan bermilyar-milyar gigabyte data yang dihasilkan setiap harinya. Berikut ini 6 aspek di mana big data dapat mengubah dan mendukung supply chain secara global.
  6. Five Big Data solutions to manage chronic diseases
    Beberapa hal yang dapat dilakukan dengan menggunakan solusi Big Data untuk membantu mengelola dan melakukan perawatan ketika mengalami kondisi kronis suatu penyakit.

Tutorial dan Pengetahuan Teknis

  1. Apache Spark vs. MapReduce
    Spark mengklaim bahwa kemampuannya untuk "menjalankan program hingga 100x lebih cepat daripada Hadoop MapReduce di memori, atau 10x lebih cepat pada disk." Klaim ini didasarkan pada kemampuan Spark melakukan pemrosesan dalam memori dan mencegah operasi I/O yang tidak perlu ke dalam disk.
  2. Introducing KSQL: Open Source Streaming SQL for Apache Kafka
    KSQL merupakan SQL query engine open source yang memungkinkan untuk melakukan query secara interaktif pada Apache Kafka. Tidak lagi diperlukan untuk melakukan pemrograman menggunakan Java ataupun Phyton.
  3. Packages to simplify mapping in R
    Sharon Machlis telah membuat tutorial yang sangat berguna untuk membuat peta data geografis dengan menggunakan R. Ada beberapa paket dan API data terbaru yang dapat digunakan untuk mempermudah melakukan hal tersebut.
  4. Running Apache Spark Applications in Docker Containers
    Sekumpulan tips untuk membantu mempersiapkan klaster Spark dengan menggunakan Docker.

Rilis Produk

  1. Open sourcing DoctorKafka: Kafka cluster healing and workload balancing
    Pinterest mengopensourcekan aplikasi bernama DoctorKafka yang berfungsi untuk mempermudah operasional, optimasi dan memonitor sebuah klaster Kafka.
  2. Announcing Data Collector v2.7.0.0
    StreamSets Data Collector versi 2.7.0.0 telah dirilis. Dalam rilis ini mencakup konektor untuk Google Cloud, CDC untuk SQL Server, konektor ke JMS, integrasi dengan Cloudera Navigator untuk melakukan pelacakan silsilah, dan eksekutor pada Amazon S3.
  3. The Apache Kylin 2.1.0
    Apache Kylin versi 2.1.0, sebuah OLAP engine untuk Hadoop, dirilis. Rilis baru ini menambahkan dukungan untuk sumber data RDMBS, otorisasi queri pada tingkat proyek, dan lebih dari 100 perbaikan bug.
  4. Apache Knox 0.13.0
    Apache Knox 0.13.0 dirilis dan menyertakan sejumlah fitur baru, seperti integrasi dengan REST API Kafka, dukungan Spark Thriftserver UI, Apache Atlas Proxying, dan banyak perbaikan bug.Apache Knox 0.13.0 dirilis dan menyertakan sejumlah fitur baru, seperti integrasi dengan REST API Kafka, dukungan Spark Thriftserver UI, Apache Atlas Proxying, dan banyak perbaikan bug.
  5. Apache HBase 1.1.12
    Apache HBase 1.1.12 merupakan sebuah rilis perbaikan terhadap sekitar 10 bug.

 

Contributor :

Tim idbigdata
always connect to collaborate every innovation 🙂
Tertarik dengan Big Data beserta ekosistemnya? Gabung
Jasa joki ml