:::: MENU ::::

Seputar Big Data Edisi #51

Kumpulan berita, artikel, tutorial dan blog mengenai Big Data yang dikutip dari berbagai site. Berikut ini beberapa hal menarik yang layak untuk dibaca kembali selama minggu kedua bulan Maret 2018.

Artikel dan Berita

  1. Dubai Decrees Itself the A.I. City-State of the Future
    Pemerintah UEA mencanangkan Dubai sebagai kota AI masa depan, dengan mendorong implementasi big data dan AI. Beberapa di antaranya adalah menyediakan menyediakan lingkungan yang terjangkau untuk melakukan inkubasi dan launching bisnis di bidang AI, setelah pada tahun 2016 PM UAE menginvestasikan US$270 juta untuk inovasi. Pada Oktober tahun lalu UAE menunjuk menteri bidang AI, yang merupakan menteri pertama di dunia yang khusus menangani bidang ini.
  2. Mengenal Kelas Big Data dan Komputasi Kognitif Pertama di Indonesia
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) meluncurkan mata kuliah baru : Big Data dan Komputasi Kognitif yang pertama di Tanah Air. Kelas ini hadir atas kemitraan UI dengan perusahaan solusi kognitif dan platform cloud IBM Indonesia.
  3. Google’s March Madness AI contest offers 0,000 in prizes
    Google menyelenggarakan kompetisi AI untuk prediksi hasil turnamen basket antar perguruan tinggi, NCAA March Madness, dengan hadiah sebesar US$100,000. Dalam kompetisi ini peserta membuat software AI untuk prediksi pemenang, dengan data dari 40 juta pertandingan basket NCAA yang direkam sejak 2009.
  4. Baidu shows strategic vision with AI map merger
    Salah satu raksasa internet dari China, Baidu, baru-baru ini mengumumkan pengalihan bisnis peta digital mereka. Baidu Maps dialihkan ke bawah AI Group, setelah sebelumnya berada di bawah anak perusahaan yang memegang mesin pencari web. Langkah ini merupakan upaya mendorong bisnis AI mereka. Dikabarkan kemungkinan di masa datang Baidu Maps akan kembali dialihkan ke dalam bagian yang mengembangkan autonomous car.
  5. AI ‘more dangerous than nukes’: Elon Musk still firm on regulatory oversight
    Elon Musk mengatakan bahwa AI memiliki potensi bahaya yang lebih besar daripada nuklir. Oleh karena itu menurut Musk, perlu dibentuk sebuah badan independen yang dapat memastikan penerapan-penerapan AI dilakukan dalam batas yang aman untuk umat manusia di seluruh dunia.
  6. Elastic Plots Its Own Course to Big Data Success
    Elastic, perusahaan di belakang Elasticsearch, salah satu project open source terpopuler, adalah salah satu perusahaan terkemuka di bidang big data. Berikut ini beberapa ‘rahasia’ di balik kesuksesan Elastic.
  7. Waymo self-driving trucks to transport Google Atlanta data center gear
    Waymo, perusahaan self driving car milik Alphabet, melebarkan pengujian kendaraan swakemudi dari mobil penumpang biasa ke kendaraan besar, yaitu truk. Percobaan pertama mereka ditujukan untuk membantu data center Google di Atlanta, Georgia.

Tutorial dan Pengetahuan Teknis

  1. Gentle Introduction to Apache NiFi for Data Flow… and Some Clojure
    Tutorial mengenai Apache NiFi. Menjelaskan mengenai bagaimana membuat prosesor yang membaca dari file, prosesor yang menulis ke file, dan prosesor yang dapat menginsert data ke MongoDB.
  2. Getting started with Data Engineering
    Salah satu spesialisasi yang banyak dicari akhir-akhir ini adalah Data Engineer, bahkan kebutuhan data engineer ini diperkirakan melebihi kebutuhan terhadap data saintis. Artikel ini memberikan penjelasan yang cukup bagus mengenai apa itu data engineer, serta beberapa terminologi yang menyertainya.
  3. MongoDB and Data Streaming: Implementing a MongoDB Kafka Consumer
    Pengenalan singkat mengenai Apache Kafka dan bagaimana menggunakan MongoDB sebagai sumber dan tujuan data yang di-stream.
  4. Introducing Pulsar Functions
    For simple ETL, real-time aggregation, event routing, and similar use cases, Apache Pulsar is adding Pulsar Functions. Inspired by AWS Lambda and Google Cloud Functions, Pulsar Functions use a simple API and the Pulsar cluster for deployment. The post covers the design goals, deployment mechanism, runtime guarantees, and more.
    Apache pulsar menambahkan Pulsar Functions untuk menangani use case
  5. Installing Apache Spark 2.3.0 on macOS High Sierra
    Overview mengenai instalasi Apache Spark 2.3.0 di atas Mac OS.
  6. Daftar lengkap operasi aljabar linier yang diperlukan dalam menggunakan NumPy untuk aplikasi machine learning.
  7. [DATASET] LibriSpeech ASR corpus
    LibriSpeech adalah korpus yang berisi sekitar 1000 jam 16kHz audio dalam bahasa Inggris. Data didapatkan dari project audiobook LibriVox, yang telah disegmentasi dan diselaraskan.

Rilis Produk

  1. The Building Blocks of Interpretability
    Google merilis Lucid, library jaringan syaraf tiruan yang dibangun dari project DeepDream. Lucid digunakan untuk menambahkan efek artistik pada gambar. Di samping itu juga dirilis Google Colab, jupyter notebook yang disimpan di google drive, dan dapat langsung digunakan untuk menjalankan Lucid dan berbagai aplikasi deep learning tanpa perlu melakukan setup infrastruktur apapun.
  2. Semantic Image Segmentation with DeepLab in Tensorflow
    Google merilis DeepLab-v3+, model Tensorflow yang digunakan untuk melakukan segmentasi semantik image. Segmentasi semantik adalah proses memberikan label semantik setiap piksel dalam sebuah citra/image, seperti misalnya ‘langit’, ‘awan’, ‘ayam’, dsb.
  3. Apache MXNet (incubating) 1.1.0 Release
    Apache MXNet (incubating), sebuah framework deep learning, rilis versi 1.1.0.
    Tercakup di dalamnya peningkatan kinerja untuk GPU maupun CPU, penambahan dukungan operator, dan tutorial serta contoh penggunaan yang semakin lengkap.
  4. Apache Kylin 2.3.0 released
    Apache Kylin 2.3.0 merupakan rilis major, dengan lebih dari 250 perbaikan dan peningkatan. Apache Kylin adalah engine analytics terdistribusi, menyediakan antarmuka SQL dan OLAP di atas Hadoop.
  5. Apache Hivemall 0.5.0-incubating released
    Apache Hivemall adalah library machine learning yang diimplementasikan sebagai UDF/UDAF/UDTF. Versi 0.5.0 ini merupakan rilis pertama sejam Hivemall memasuki inkubator Apache. Hivemall berjalan di atas framework pemrosesan data berbasis Hadoop, yaitu Hive, Spark dan Pig.

 

Contributor :


Tim idbigdata
always connect to collaborate every innovation 🙂
Tertarik dengan Big Data beserta ekosistemnya? Gabung
Jasa joki ml