:::: MENU ::::

Seputar Big Data Edisi #30

Seputar Big Data edisi #30

Kumpulan berita, artikel, tutorial dan blog mengenai Big Data yang dikutip dari berbagai site. Berikut ini beberapa hal menarik yang layak untuk dibaca kembali selama minggu kedua bulan september 2017

Artikel dan Berita

  1. The Amazing Ways Coca Cola Uses Artificial Intelligence (AI) And Big Data To Drive Success
    Big data merevolusi sektor kesehatan dengan sangat cepat. Baru-baru ini Sophia Genetics, sebuah perusahaan yang membangun data analytics dan diagnostik genomik berhasil mendapatkan pendanaan sebesar $30 juta untuk meningkatkan database mereka, dari 125.000 menjadi satu juta pada 2020. Untuk mengakses data tersebut, rumah sakit yang menjadi partner akan men-share data DNA pasien mereka ke sistem Sophia, yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi pola genetik di balik penyakit-penyakit genetis seperti cystic fibrosis, jantung dan beberapa jenis kanker. Hal ini menimbulkan beberapa isu, terutama yang berkaitan dengan privacy dan kerahasiaan data pasien.
  2. Seagate and Baidu Sign Strategic Cooperation Agreement for Big Data Analysis and Advanced Storage Implementation
    Seagate Technology, penyedia solusi storage kelas dunia, mengumumkan penandatanganan perjanjian kerjasama strategis dengan Baidu, penyedia internet search berbahasa Cina. Kerjasama tersebut mencakup bidang IT, analisis big data, dan pengembangan serta penerapan sistem storage tingkat tinggi.
  3. £30m National Innovation Centre for Data launched
    Pemerintah Inggris dan Universitas Newcastle bekerja sama membangun pusat big data sebesar 30 juta Poundsterling. Pusat big data ini akan bertugas menjalin kerjasama antara akademisi, penyedia IT, dan sektor publik, yang bertujuan untuk memecahkan permasalahan di dunia nyata dengan memanfaatkan berbagai kemajuan di bidang data sains.
  4. Balderton joins M Series D for big data biotech platform play, Sophia Genetics
    SaaS startup Sophia Genetics membangun platform data analytics yang memanfaatkan keahlian tenaga medis untuk mengembangkan genomic diagnostic melalui algoritma AI, bertujuan mendapatkan diagnosis yang lebih cepat. Perusahaan tersebut baru-baru ini mengumumkan pendanaan series D sebesar $30 juta, menambahkan Balderton Capital ke dalam daftar investornya.

Tutorial dan Pengetahuan Teknis

  1. Tensorflow Tutorial : Part 1 – Introduction
    Dalam 3 seri artikel ini akan ditampilkan tutorial Tensorflow. Bagian pertama menyajikan pengenalan dan dasar-dasar Tensorflow, arsitekturnya, dan beberapa contoh penerapannya.
  2. Creating a Yelling App in Kafka Streams
    Memberikan pengenalan yang komprehensif mengenai apa dan bagaimana cara kerja Kafka Stream, lengkap dengan contoh implementasinya menggunakan aplikasi sangat sederhana. Aplikasi yang dibuat menerima input berupa pesan teks dan menghasilkan mengeluarkan teks tersebut dalam huruf kapital, seolah-olah aplikasi ini 'berteriak' kepada pembaca pesannya, sehingga disebut "Yelling App".
  3. Using SparkR to Analyze Citi Bike Data
    Sebuah tutorial yang cukup bagus mengenai penggunaan dplyr, sebuah library R, untuk menganalisis data jalur dan perjalanan sepeda di NYC. Untuk skalabilitasnya memanfaatkan Amazon EMR dan Spark.
  4. PyTorch vs TensorFlow — spotting the difference
    Saat ini terdapat beberapa framework untuk deep learning yang cukup populer. Dua di antaranya adalah PyTorch dan Tensorflow. Artikel ini mengupas perbedaan di antara keduanya, lengkap dengan Jupyter notebook untuk membandingkan kinerja keduanya dalam beberapa aplikasi.
  5. Benchmark Apache HBase vs Apache Cassandra on SSD in a Cloud Environment
    Hortonworks melakukan analisa kinerja terhadap Apache HBase dan Apache Cassandra menggunakan Yahoo Cloud Serving Benchmark. Hasilnya HBase lebih cepat dalam hal read dan Cassandra lebih baik untuk workflow yang banyak memerlukan write.

Rilis Produk

  1. Build your own Machine Learning Visualizations with the new TensorBoard API
    Google merilis sekumpulan API yang memungkinkan developer menambahkan plugin visualisasi custom ke TensorBoard.
  2. Apache Kafka 0.11.0.1
    Apache Kafka 0.11.0.1 dirilis dengan beberapa bug fixing dan perbaikan minor.
  3. Apache Impala (incubating) has released version 2.10.0
    Apache Impala merilis versi 2.10.0 dengan sekitar 250 tiket untuk fitur baru, penyempurnaan, perbaikan, dan lain-lain.
  4. Apache OpenNLP version 1.8.2
    Rilis ini mengandung beberapa perbaikan dan penyempurnaan minor.
  5. Storm 1.0.5 Released
    Rilis maintenance mencakup sekitar 7 perbaikan bugs yang penting, berhubungan dengan peningkatan kinerja, stabilitas dan fault tolerance.

 

Contributor :

Tim idbigdata
always connect to collaborate every innovation 🙂

Tertarik dengan Big Data beserta ekosistemnya? Gabung
Jasa joki ml