:::: MENU ::::

Mengintip Spark 1.4.0

spark

Tim developer Spark mengumumkan rilis keempat dari Spark versi 1. Rilis ini diklaim sebagai rilis terbesar dari Spark, yang melibatkan kontribusi dari 210 developer dan lebih dari 1000 perbaikan. Rilis ini diumumkan pada tanggal 11 Juni 2015 lalu.

Berbahagialah para penggemar R, karena pada rilis terbaru ini diperkenalkan untuk pertama kalinya SparkR yang merupakan R API untuk Spark. SparkR memungkinkan pengguna R untuk menganalisa dataset yang berjumlah besar dan menggunakan komputasi terdistribusi milik Spark untuk menjalankan proses analisa data dari shell milik R.

Spark 1.4 juga menambahkan fungsi untuk melakukan debugging secara visual dan utilitas untuk melakukan monitoring, yang didisain untuk membantu pengguna untuk memahami bagaimana aplikasi Spark berjalan.

Masih banyak lagi fitur-fitur yang ditambahkan baik dalam Spark Core, Spark SQL, Spark ML maupun Spark Stream. Untuk lebih detailnya dapat mengunjungi spark.apache.org/releases/spark-release-1-4-0.html

Sumber lain :
  1. www.databricks.com/blog/2015/06/11/announcing-apache-spark-1-4.html
  2. www.databricks.com/blog/2015/06/09/announcing-sparkr-r-on-spark.html
  3. www.zdnet.com/article/apache-spark-1-4-adds-r-language-and-hardened-machine-learning/
Contributor :

Sigit Prasetyo
Seorang pengembara dunia maya, sangat suka mengeksplorasi dan menelusuri tautan demi tautan dalam internet untuk memperoleh hal-hal menarik. Saat ini sedang berusaha mengasah ilmu googling. Memiliki kegemaran memancing walaupun saat ini lebih sering memancing di kantor, terutama memancing emosi.

Tertarik dengan Big Data beserta ekosistemnya? Gabung
Jasa joki ml