:::: MENU ::::

Seputar Big Data edisi #60

Kumpulan berita, artikel, tutorial dan blog mengenai Big Data yang dikutip dari berbagai site. Berikut ini beberapa hal menarik yang layak untuk dibaca kembali selama minggu ke 4 bulan Januari 2019.

Artikel dan berita

  1. Blockchain and big Data: A great marriage
    Blockchain dan Big Data adalah teknologi yang sedang trend dan berkembang dengan pesat yang juga menjadi agenda banyak perusahaan untuk diimplementasikan.
    Keduanya diharapkan untuk secara radikal mengubah cara bisnis dan diimplementasikan oleh organisasi atau perusahaan di masa mendatang.
  2. “I See Data” — Forge.AI Mines The World’s Unstructured Data
    Big Data sudah sesuatu yang umum diperbincangkan di hampir setiap industri dan untuk hampir setiap interaksi bisnis atau pelanggan. Tetapi bagaimana jika kita ternyata hanya mengetahui bagian kulitnya saja? Itu adalah pertanyaan menarik yang diajukan oleh salah satu pendiri Forge.AI Jennifer Lum.
  3. Data could help Vietnam take the agriculture lead in a digital economy
    André Laperrière, Direktur Eksekutif Global Open Data for Agriculture & Nutrition (GODAN), berbincang dengan reporter Viọt Nam News mengenai peran data dalam pertanian pintar (smart agriculture) dan pembangunan berkelanjutan.
  4. Hotels using big data to check out guests
    Hilton, sebuah perusahaan perhotelan multinasional AS, telah memanfaatkan arsitektur data modern untuk mendapatkan wawasan(insight) dari data dan untuk melayani pelanggan dengan lebih baik. Hilton berfokus pada penggunaan analisa data untuk mendapatkan informasi 360 derajat dari setiap pelanggan, termasuk data pemesanan, data profil, dan bahkan detail tentang bagaimana mereka menggunakan fasilitas hotel.
  5. How Big Data is Transforming the Construction Industry?
    Industri konstruksi merupakan salah satu industri menangani beberapa proyek yang paling mahal dan memakan waktu di dunia. Sejumlah besar sumber daya dan tenaga kerja manual digunakan dalam pekerjaan konstruksi besar yang menghasilkan banyak data.

Tutorial dan pengetahuan teknis

  1. Build a Pipeline for Harvesting Medium Top Author Data
    Cara Menggunakan Luigi dan Docker untuk membuat Data Engineering Pipeline sederhana untuk memperoleh penulis atau kontributor terbanyak dalam site Medium.
  2. 7 Steps to Mastering Basic Machine Learning with Python — 2019 Edition
    Ada banyak sekali materi yang tersedia secara bebas di luar sana untuk orang yang tertarik mempelajari machine learning dengan Python. Artikel ini menyajikan 7 jalur pembelajaran untuk menguasai machine learning dengan Python, dibagi menjadi 3 posting, masing-masing untuk topik dasar, menengah dan lanjutan.
  3. Face Recognition Smart Lock with LTE Pi HAT
    Sebuah project untuk membuka pintu secara otomatis dengan menggunakan pengenalan wajah yang diimplementasikan dalam Raspberry Pi.
  4. HDFS Offline Analysis of FsImage Metadata
    Tutorial mengenai cara menganalisis dan memvisualisasikan metadata yang disimpan dalam file XML menggunakan beberapa alat data besar open source, seperti HDFS, Hive, dan GnuPlot. Data yang dianalisa adalah metadata HDFS (FsImage).

Rilis Produk

  1. The Apache Software Foundation Announces Apache® Hadoop® v3.2.0
    Hadoop v3.2.0 yang dinantikan akhirnya dirilis pada 23 Januari lalu. Rilis ini merupakan salah satu rilis terbesar dalam Apache Hadoop 3.x line, yang mencakup banyak fitur baru dan lebih dari 1000 perubahan. Beberapa fitur penting yaitu peningkatan konektor Cloud, Hadoop Submarine untuk development, training dan deployment deep learning, serta dukungan terhadap aplikasi yang long-running.
  2. Apache Kerby 2.0.0 is released
    Apache Kerby ™ adalah Java Kerberos binding, bertujuan untuk memberikan implementasi yang intuitif dan interoperable, library, KDC dan berbagai macam fasilitas yang mengintegrasikan PKI, OTP dan token (OAuth2) seperti yang dibutuhkan dalam lingkungan modern seperti cloud, Hadoop dan mobile. Versi ini mencakup 43 resolved issues sejak rilis 1.1.1 pada Mei 2018 lalu.

Contributor :


Tim idbigdata
always connect to collaborate every innovation 🙂
Tertarik dengan Big Data beserta ekosistemnya? Gabung
Jasa joki ml