:::: MENU ::::

Seputar Big Data edisi #72

Kumpulan berita, artikel, tutorial dan blog mengenai Big Data yang dikutip dari berbagai site. Berikut ini beberapa hal menarik yang layak untuk dibaca kembali selama akhir minggu pertama bulan Mei 2019

Artikel dan berita

  1. Google adds translation, object detection and tracking, and AutoML Vision Edge to ML Kit
    Pada event I/O baru-baru ini Google mengumumkan 3 kemampuan baru ML Kit dalam versi beta, yaitu : API Translator on-device, API Object Detection and Tracking, serta AutoML Vision Edge. Ketiga fitur tersebut akan memungkinkan developer mobile untuk menyertakan AI di dalam aplikasinya, bahkan dapat melatih model untuk klasifikasi citra dengan data mereka sendiri.
  2. Using AI to predict breast cancer and personalize care
    Satu lagi pemanfaatan AI di bidang deteksi dan prediksi kanker, khususnya kanker payudara. Sebuah tim dari Laboratorium Ilmu Pengetahuan dan Kecerdasan Buatan (CSAIL) MIT dan Rumah Sakit Umum Massachusetts (MGH) telah menciptakan model deep learning yang dapat memprediksi dari mammogram jika seorang pasien beresiko mengembangkan kanker payudara di masa depan. Mereka melatih model pada mammogram dan hasil diagnosis lebih dari 60.000 pasien yang dirawat di MGH.
  3. Security lapse exposed a Chinese smart city surveillance system
    Baru-baru ini seorang peneliti keamanan menemukan data smart city yang terbuka aksesnya di Alibaba cloud. Data tersebut merupakan data detail surveillance yang berisi informasi detail mengenai pengenalan wajah, lokasi, bahkan ke mana saja dan berapa lama seseorang berada di tempat tersebut. Alibaba menyatakan data tersebut adalah milik salah satu klien mereka. Menilik dari jenis data yang tersimpan, kemungkinan besar klien tersebut adalah klien pemerintah.
  4. Driving Business Decisions Using Data Science and Machine Learning
    Dengan lebih dari 630 juta anggota, 30 juta perusahaan, dan 90 ribu sekolah di platformnya, LinkedIn menjadi salah satu yang terdepan dalam pengembangan dan pemanfaatan teknologi data. Di artikel ini LinkedIn berbagi pengalaman memanfaatkan data sains dan machine learning dalam mempertajam keputusan bisnis mereka.
  5. Choosing the right data security solution for big data environments
    Data adalah uang. Bahkan untuk sebagian pihak, data menjadi aset yang paling berharga. Namun sampai saat ini aspek keamanan data masih banyak diabaikan. Apa saja faktor yang perlu dipertimbangkan dalam membangun keamanan data?
  6. Study shows how big data can be used for personal health
    Para peneliti di Stanford University School of Medicine dan rekan mereka mengikuti kohort lebih dari 100 orang selama beberapa tahun. Setelah mengumpulkan data ekstensif mengenai susunan genetik dan molekuler kelompok tersebut, para peneliti mendapatkan pemahaman baru mengenai arti “sehat” pada level biokimia, dan bagaimana penyimpangan dari keumuman individu dapat menjadi tanda awal penyakit.

Tutorial dan pengetahuan teknis

  1. Partition Management in Hadoop
    Artikel ini membahas tentang masalah tabel Hive dengan banyak partisi dan file kecil serta solusinya secara detail.
  2. The 3 Biggest Mistakes on Learning Data Science
    Semenjak data science menjadi bidang yang populer, banyak sumber online maupun offline yang dapat ditemukan mengenainya. Namun tidak sedikit diantara mereka yang merasa kesulitan ataupun ‘tersesat’ ketika berusaha mempelajari bidang tersebut. Artikel ini mengupas mengenai 3 kesalahan besar yang sering dilakukan oleh mereka yang ingin belajar data sains.
  3. Introduction to Message Brokers. Part 1: Apache Kafka vs. RabbitMQ
    Meningkatnya jumlah peralatan yang terhubung ke IoT menyebabkan perlunya peningkatan kemampuan mengolah dan menganalisis data yang dihasilkan. Salah satu komponen yang sangat penting dalam hal ini adalah message broker. Pada artikel ini, kita akan melihat alternatif open source untuk message broker tersebut, yaitu : Apache Kafka dan Rabbit MQ.
  4. Python at Netflix
    Para penonton Netflix mungkin tidak menyadari bahwa mereka sedang menyaksikan program Python beraksi. Netflix menggunakan Python dalam siklus konten mereka, mulai dari memilih konten mana yang akan diproduksi, sampai pengoperasian CDN yang menyajikan video hingga ke 148 juta pelanggan. Artikel ini mengupas mengenai bagaimana Python digunakan dan dikembangkan di Netfilx.
  5. Naive Bayes: A Baseline Model for Machine Learning Classification Performance
    Menggunakan Pandas untuk menjalankan Teorema Bayes dan Scikitlearn untuk mengimplementasikan Algoritma Naive Bayes. Artikel ini menjelaskan pendekatan langkah demi langkah untuk memahami Algoritma Naive Bayes dan menerapkan berbagai opsi di Scikitlearn.
  6. How to Develop a Convolutional Neural Network From Scratch for MNIST Handwritten Digit Classification
    Klasifikasi digit tulisan tangan MNIST adalah dataset standar yang digunakan dalam computer vision dan deep learning. Tutorial ini menjelaskan bagaimana mengembangkan CNN untuk klasifikasi digit tulisan tangan dari nol, sehingga anda dapat memahami bagaimana merancang test harnes, melakukan evaluasi terhadap model, dan menentukan acuan kinerja untuk model pengklasifikasi.

Rilis Produk

  1. Apache Drill 1.16.0 Release
    Rilis Drill 1.16.0 ini ini mencakup penyelesaian 220 JIRA yang terdiri dari perbaikan bugs dan peningkatan.

Contributor :


Tim idbigdata
always connect to collaborate every innovation 🙂
Tertarik dengan Big Data beserta ekosistemnya? Gabung
Jasa joki ml