:::: MENU ::::

Seputar Big Data Edisi #8

Seputar Big Data edisi #8

Kumpulan berita, artikel, tutorial dan blog mengenai Big Data yang dikutip dari berbagai site. Berikut ini beberapa hal menarik yang layak untuk dibaca kembali selama minggu terakhir bulan Februari dan awal Maret 2017
  1. JPMorgan Software Does in Seconds What Took Lawyers 360,000 Hours
    Sebuah program yang disebut COIN, Contract Intelligent, dikembangkan oleh JPMorgan, merupakan sebuah machine learning program yang mampu mereview dokumen kontrak dengan sangat cepat, yang sebelumnya dikerjakan membutuhkan waktu ratusan jam.
  2. The Difficulties of Teaching Wall Street About Big Data
    Sebuah wawancara Leigh Drogan, founder dan CEO Estimize, mengenai bagaimana sulitnya mengedukasi dan bagaimana menggunakannya secara efektif Big Data di Wall Street
  3. When the Big Lie Meets Big Data
    Masih mengenai studi kasus tentang pemilu Amerika Serikat. Menurut Joseph Goebbels, Reich Miniter of Propaganda Nazi, jika sebuah ketidakbenaran terus dibesar-besarkan dan diulang-ulang, maka orang akhirnya akan mempercayainya. Tidak demikian di era Big Data saat ini, sedikit ketidakbenaran dengan bantuan machine learning, akan menjadi lebih efektif.
  4. MWC 2017: Barcelona trial uses IoT and big data to manage tourists
    Pada Mobile World Congress (MWC) lalu, kota Barcelona melakukan sebuah proyek ujicoba IoT dan Big Data untuk mengelola pergerakan dan meningkatkan pengalaman turis di gereja Sagrada Familia.
  5. Why Big Data Kills Businesses
    Walaupun Big Data telah diakui sebagai penyelamat bisnis, pada kenyataannya data merupakan ancaman yang membunuh. Data tidak serta merta dapat digunakan dan menghasilkan keuntungan, akan tetapi banyak permasalahan yang timbul akibat data.
  6. Big Data, IoT Key to Fixing Crumbling Water Infrastructure, Reducing Operating Costs
    Penerapan pengelolaan air berbasis smart technology semakin meluas. Tidak hanya pemerintahan kota dan perusahaan utilitas, namun juga perusahaan lain yang menggunakan air dalam jumlah besar. Hal ini dilakukan dalam rangka pengurangan biaya penggunaan air dan pelestarian lingkungan. Sektor ini diproyeksikan akan tumbuh sampai US$12 milyar di Amerika dan US$11 milyar di Eropa.
  7. Fighting Illegal Fishing With Big Data
    Global Fishing Watch menggunakan data satelit untuk memantau aktifitas kapal yang mencurigakan di laut.

Tutorial dan pengetahuan teknis

  1. Bringing HPC Algorithms to Big Data Platforms
    Sebuah video presentasi dari Nikolay Malitsky dari Brookhaven National Laboratory pada acara SPARK Summit East 2017 lalu, membahas mengenai akstensi MPI-based pada Spark.
  2. Make your R simulation models 20 times faster
    R akan menjadi sangat lambat jika menggunakan loop. Namun hal ini dapat dipercepat secara signifikan, sekitar 20 kali, dengan menggunakan paket Rcpp.
  3. HBase Compaction and Data Locality With Hadoop
    Pengumpulan data Geospatial memungkinkan developer dan para profesional untuk mengembangkan pendekatan yang paling efisien dan biaya yang efektif untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik.
  4. Ushering in a New Tech Era for Geospatial Data
    Pemanfaatan geospasial data membuka kemungkinan untuk solusi-solusi yang efisien dan efektif. Berikut ini dibahas beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan dalam pemanfaatan data geospasial.
  5. Building Data Science Skills as an Undergraduate
    Keahlian dalam bidang data sains saat menjadi suatu modal yang sangat penting terutama bagi para pencari kerja. Artikel ini memberikan sedikit tips mengenai bagaimana memulai membangun skill di bidang ini.

Rilis produk

  1. Apache Accumulo 1.8.1 released
    Rilis ini mencakup perubahan dan perbaikan untuk lebih dari 40 issue, terdiri dari bug-fixes, perbaikan kinerja, peningkatan kualitas build, dan lain-lain.

 

Contributor :

Tim idbigdata
always connect to collaborate every innovation 🙂
Tertarik dengan Big Data beserta ekosistemnya? Gabung
Jasa joki ml