:::: MENU ::::

Seputar Big Data edisi #55

Kumpulan berita, artikel, tutorial dan blog mengenai Big Data yang dikutip dari berbagai site. Berikut ini beberapa hal menarik yang layak untuk dibaca kembali selama minggu ke 2 bulan November 2018.

Artikel dan Berita

  1. If You Drive in Los Angeles, the Cops Can Track Your Every Move
    Palantir sejak tahun 2012 mengembangkan sistem Automatic License Plate Reader, yang menyimpan database foto kendaraan yang melintas di jalan raya. ALPR menggunakan kamera digital yang ada di gedung, lampu lalu lintas dan mobil patroli. Teknologi computer-vision dapat mengenali dan membaca plat kendaraan yang melintas.
  2. Machine learning, meet quantum computing
    Francesco Tacchino dan rekan-rekannya yang merupakan peneliti dari Universitas Pavia di Italia, telah membangun perceptron pertama di dunia yang diimplementasikan diatas komputasi kuantum dan menerapkannya untuk memproses gambar sederhana.
  3. A deep learning approach to identify Twitter users’ location during emergencies
    Peneliti dari National Institute of Technology Patna, India, baru-baru ini mengembangkan metode untuk mengidentifikasi lokasi geografis dari keadaan darurat dan bencana serta orang-orang yang berada di sekitarnya. Metode ini mereka publikasikan dalam the International Journal of Disaster Risk Reduction
  4. How AI and Genomics Can Help Fight Antibiotic Resistance
    Antimicrobial Resistance (AMR) merupakan ancaman global bagi kesehatan. AMR disebabkan oleh penggunaan antibiotik berlebihan oleh manusia dan ternak, serta peningkatan penggunaan produk pembersih dan kebersihan antibakteri. Para peneliti dari beberapa universitas dan bahkan perusahaan rintisan telah membuat inovasi untuk membantu mengatasi masalah tersebut dengan bantuan big data, AI dan gnomic.
  5. Machine Learning Can Create Fake ‘Master Key’ Fingerprints
    Baru-baru ini peneliti dari Tandon School of Engineering New York University, berhasil mengembangkan metode machine learning untuk menghasilkan sidik jari palsu yang disebut DeepMasterPrints. Sidik jari yang dihasilkan tidak hanya mampu menipu sensor ponsel cerdas, tetapi juga berhasil membuat ‘master finger print’ untuk banyak orang yang berbeda.
  6. Amazon Comprehend adds customized language lists to machine learning tool
    Tahun lalu Amazon mengumumkan Comprehend, alat pengolah bahasa alami untuk membantu perusahaan mengekstrak kata dan frasa umum dari korpus. Hari ini Amazon mengumumkan fitur baru Comprehend yang memungkinkan developer untuk membuat daftar kata dan frasa khusus tanpa perlu memiliki pengetahuan machine learning.
  7. A Facebook patent would use your family photos to target ads
    Facebook telah mengajukan paten yang akan memudahkan mereka untuk menargetkan iklan kepada seluruh anggota keluarga user dengan menganalisis foto yang mereka posting. Aplikasi yang diajukan pada tanggal 10 Mei tersebut mencakup suatu algoritma yang akan mengidentifikasi elemen-elemen foto – seperti wajah atau detail lainnya – dan melakukan referensi silang dengan data lain untuk membangun profil seluruh anggota keluarga dari seorang pengguna.

Tutorial dan pengetahuan teknis

  1. ColorUNet: A new deep CNN classification approach to colorization
    Sebuah tim peneliti di Stanford University baru-baru ini mengembangkan metode klasifikasi CNN yang merubah gambar hitam putih menjadi berwarna. Alat yang mereka buat diberinama ColorUnet, yang terinspirasi dari U-Net sebuah jaringan konvolusional (convolution network) untuk segmentasi gambar.
  2. Modeling: Teaching a Machine Learning Algorithm to Deliver Business Value
    Artikel yang merupakan bagian terakhir dari 4 seri mengenai penggunaan machine learning di Feature Labs. Dalam artikel ini membahas mengenai konsep dan implementasi dalam studi kasus Predicting Customer Churn
  3. Python Data Visualization 2018: Why So Many Libraries?
    Pada sesi khusus SciPy 2018 di Austin, perwakilan dari berbagai tools visualisasi Python open source berbagi visi mereka untuk masa depan visualisasi data dengan Python. Dipaparkan pula berbagai pembaruan pada Matplotlib, Plotly, VisPy, dan banyak lagi.
  4. Real-Time Stock Processing With Apache NiFi and Apache Kafka, Part 1
    Memproses sejumlah sumber data termasuk REST feeds, Social feeds, pesan, gambar, dokumen, dan data relasional dengan NiFi kemudian memfilter dan mengelompokkannya ke topik Kafka. Spark dan NiFi digunakan untuk pemrosesan event dan machine learning serta deep learning, sedangkan dashboard dibuat menggunakan Superset dan Spark SQL + Zeppelin.

Rilis produk

  1. Elasticsearch for Apache Hadoop 6.5.0 Released
    Tim developer Elascticsearch mengumumkan Elasticsearch for Apache Hadoop (ES-Hadoop) versi 6.50. Beberapa perbaikan dan fitur baru disematkan pada versi ini.
  2. Apache Phoenix 4.14.1 released
    Rilis ini mencakup fitur parity dengan dukungan versi HBASE dan perbaikan bug kritikal untuk indeks sekunder.

Contributor :


Tim idbigdata
always connect to collaborate every innovation 🙂
Tertarik dengan Big Data beserta ekosistemnya? Gabung
Jasa joki ml