:::: MENU ::::

Seputar Big Data edisi #77

Kumpulan berita, artikel, tutorial dan blog mengenai Big Data yang dikutip dari berbagai site. Berikut ini beberapa hal menarik yang layak untuk dibaca kembali selama minggu IV bulan Oktober 2019.

Artikel dan berita

  1. Google confirms ‘quantum supremacy’ breakthrough
    Google mengumumkan secara resmi bahwa mereka berhasil mencapai supremasi kuantum. Google menyatakan bahwa prosesor Sycamore 54-qubit-nya mampu melakukan dalam 200 detik perhitungan yang jika dilakukan oleh superkomputer paling kuat di dunia akan memerlukan waktu 10.000 tahun. Namun klaim ini dibantah oleh IBM dalam blog post mereka Senin lalu.
  2. Microsoft’s AI rewrites sentences based on context
    Salah satu permasalahan pelik bagi mesin dalam percakapan adalah mendeteksi konteks. Padahal konteks pembicaraan adalah bagian yang sangat krusial. Para periset dari Microsoft baru-baru ini melakukan penelitian mengenai penyesuaian ujaran terakhir dari serangkaian percakapan dengan menggunakan konteks yang terakhir dipakai. Penelitian ini diklaim mencapai hasil yang memuaskan dari segi kualitas pengubahan maupun dari segi kualitas respon yang dihasilkan dalam percakapan.
  3. Blockchain’s Shocking Impact on the Restaurant Supply Industry
    Blockchain telah mengubah banyak sektor bisnis, termasuk beberapa sektor yang mungkin tidak diperhitungkan akan terpengaruh. Salah satunya adalah industri supply chain untuk restoran.
  4. Growing Depth Of Background Checks In The Big Data Age
    Pemeriksaan rekam jejak di era big data berkembang menjadi lebih mendalam dan lebih kompleks. Artikel ini mengupas mengenai dampak big data terhadap pemeriksaan latar belakang atau riwayat hidup.

Tutorial dan pengetahuan teknis

  1. How YouTube is Recommending Your Next Video
    Bagaimana YouTube menentukan rekomendasi video selanjutnya untuk anda? Artikel ini mengupas mengenai paper dan algoritma rekomendasi yang digunakan Youtube.
  2. Taking DuckDB for a spin
    DuckDB adalah database kolumnar embedded yang dioptimasi untuk analitics. Posting ini membahas mengenai cara menggunakannya melalui binding Python, dan membandingkan kinerja dengan SQLite pada beberapa query.
  3. Understanding Blockchain Technology by building one in R
    Semua orang berbicara mengenai Blockchain, namun sayangnya tidak banyak yang tahu mengenai teknologi yang mendasarinya. Artikel ini menjelaskan mekanisme kerja blockchain dengan memberikan contoh implementasi sederhana dalam R.
  4. Creating an Open Standard: Machine Learning Governance using Apache Atlas
    Machine learning adalah salah satu kemampuan paling penting bagi bisnis modern untuk tumbuh dan tetap kompetitif saat ini. Tetapi ini menciptakan tantangan tata kelola baru dan unik yang saat ini sulit dikelola. Artikel ini memaparkan mengenai apa dan bagaimana Machine Learning governance dan penerapannya menggunakan Apache Atlas.
  5. Learnings from the journey to continuous deployment
    Pengalaman linkedin dalam melakukan continuous development. Bagaimana mereka memanage ribuan microservice, melakukan frequent rilis dan commit secara seamless dengan tetap mempertahankan kualitas layanan
  6. A Kafka Tutorial for Everyone, no Matter Your Stage in Development
    Kumpulan artikel mengenai tutorial Kafka yang cukup komprehensif, mulai dari dasar pengenalan, setup, development dalam berbagai tahap, sampai testing dan koneksi ke framework lain.

Rilis Produk

  1. Introducing Glow: an open-source toolkit for large-scale genomic analysis
    Glow adalah toolkit open-source yang dibangun di atas Apache Spark™ yang memudahkan dan mempercepat penggabungan data genomic dan fenotip untuk data preparation, analisis statistik, dan pembelajaran mesin pada skala biobank.
  2. Introducing Apache Arrow Flight: A Framework for Fast Data Transport
    Arrow Flight adalah protokol untuk mengirim data dengan cepat dan efisien dalam format Arrow, yang dibangun di atas gRPC. Meskipun masih dalam pengembangan awal, namun Arrow Flight diharapkan akan berperan penting dalam meningkatkan efisiensi pemrosesan data berskala besar.
  3. Open Sourcing Mantis: A Platform For Building Cost-Effective, Realtime, Operations-Focused Applications
    Netflix membuka kode Mantis, platform yang mereka gunakan untuk development. Mantis adalah platform layanan microservice streaming yang memungkinkan para developer untuk meminimalkan cost monitoring dan pengoperasian sistem terdistribusi yang kompleks.
  4. Apache Kylin 2.6.4 released
    Kylin 2.6.4 adalah rilis perbaikan bugs dengan 27 perbaikan di dalamnya. Apache Kylin adalah Distributed Analytics Engine yang menyediakan antarmuka SQL dan analisis multidimensi (OLAP) di atas Apache Hadoop.
  5. Apache Arrow 0.15.0 released
    Versi 1.15.0 ini mencakup 711 penyelesaian isu dari rilis sebelumnya. Apache Arrow adalah platform pengembangan lintas bahasa untuk data dalam memori. Bahasa yang didukung saat ini termasuk C, C ++, C #, Go, Java, JavaScript, MATLAB, Python, R, Ruby, dan Rust.
  6. Beam 2.16.0 Released!
    Apache Beam adalah model pemrograman terpadu untuk mendefinisikan dan menjalankan pipeline pemrosesan data, termasuk ETL, batch, dan stream. Rilis ini mencakup perbaikan bugs, peningkatan serta penambahan fitur dan kinerja.
  7. Apache HBase 2.1.7 is now available for download
    Rilis ini mencakup sekitar 61 perbaikan bugs maupun peningkatan kinerja, termasuk upgrade jackson dan perbaikan terhadap beberapa bug yang kritikal.
  8. Apache Tuweni (incubating) 0.9.0 released
    Apache Tuweni adalah seperangkat library dan tools untuk membantu pengembangan blockchain dan perangkat lunak terdesentralisasi lainnya dalam Java dan bahasa JVM lainnya. Mencakup lybrary byte tingkat rendah, serialisasi dan codec deserialisasi (mis. RLP), berbagai fungsi kriptografi dan primitif, dan lain-lain. Saat ini Apache Tuweni mencapai versi 0.9.0 (incubating).

Contributor :


Tim idbigdata
always connect to collaborate every innovation 🙂
Tertarik dengan Big Data beserta ekosistemnya? Gabung
Jasa joki ml