:::: MENU ::::

Seputar Big Data Edisi #34

Kumpulan berita, artikel, tutorial dan blog mengenai Big Data yang dikutip dari berbagai site. Berikut ini beberapa hal menarik yang layak untuk dibaca kembali selama awal Februari 2017

Artikel dan Berita

  1. Big Data Is the New Push for Bank Indonesia
    Seperti halnya bank central di negara lain seperti Rusia, China, Inggris dan lainnya, Bank Indonesia beralih menggunakan mesin atau yang sering disebut dengan istilah Big Data, untuk membantu membuat kebijakan menjadi lebih efektif.
  2. Why Blockchain-as-a-Service Should Replace Servers and the Cloud
    Blockchain dan Big Data sangat mirip dalam hal penggunaan: ini semua tentang bagaimana kita menggunakannya. Sama seperti istilah Force dalam film Star Wars, blockchain dan big data adalah alat yang bisa digunakan untuk hal buruk atau hal baik.
  3. How Big Data is Helping Predict Heart Disease
    Penyakit jantung merupaka salah satu penyebab utama kematian di Amerika Serikat. Satu dari 4 orang yang meninggal dunia disebabkan oleh penyakit jantung. Berkat Big Data, para dokter dan ilmuwan telah membuat kemajuan dalam penelitian mengenai prediksi serangan jantung dan pengobatan yang efektif
  4. Saving Snow Leopards with Artificial Intelligence
    Microsoft Azure Machine Learning bekerja sama Snow Leopard Trust, membangun sistem klasifikasi otomatis menggunakan Convolutional Neural Network (CNN) untuk mengklasifikasi gambar yang tertangkap kamera.

Tutorial dan Pengetahuan Teknis

  1. Random Forests(r), Explained
    Random Forest, salah satu metode ensemble paling populer yang digunakan pada implementasi Machine Learning saat ini. Postingan berikut merupakan pengantar algoritma semacam itu dan memberikan gambaran singkat cara kerjanya.
  2. Data Visualization Using Apache Zeppelin
    Apache Zeppelin merupakan sebuah platform open-source untuk analisa data dan visualisasi data. Aplikasi ini yang dapat membantu untuk mendapatkan insight untuk memperbaiki dan meningkatkan performa dalam pengambilan keputusan.
  3. Anomaly Detection With Kafka Streams
    Postingan berikut merupakan studi kasus untuk melakukan deteksi anomali menggunakan Streaming Kafka. Dengan contoh kasus pada situs pembayaran pinjaman, yang akan mengirimkan notifikasi peringatan jika terjadi pembayaran yang terlalu tinggi.
  4. Top 30 big data tools for data analysis
    Saat ini banyak sekali tool Big Data yang digunakan untuk menganalisa data baik yang open-source, gratis maupun berbayar. Analisa data disini adalah proses untuk pemeriksaan, pembersihan, transformasi, dan pemodelan data dengan tujuan untuk menemukan informasi yang berguna, membantu memberikan kesimpulan, dan mendukung pengambilan keputusan.
  5. Kafka Racing: Know the Circuit
    Berikut merupakan postingan pertama dalam rangkaian blog yang didedikasikan untuk Apache Kafka dan penggunaannya untuk memecahkan masalah di domain data yang besar.
  6. Getting Started With Batch Processing Using Apache Flink
    Apache Flink adalah alat pengolah data generasi baru yang dapat memproses kumpulan data yang terbatas (ini disebut juga batch processing) atau aliran data yang berpotensi tak terbatas (stream processing).

Rilis Produk

  1. Apache Phoenix 4.12 released
    Apache Phoenix merilis versi 4.12.0, yang di antaranya mencakup : peningkatan skalabilitas dan reliabilitas untuk global mutable secondary index, support untuk table sampling, stabilisasi unit test run, perbaikan terhadap lebih dari 100 issue.
  2. Apache Solr™ 7.1.0 available
    The Lucene PMC dengan bangga mengumumkan perilisan Apache Solr 7.1.0 yang mencakup banyak fitur baru lainnya serta banyak optimasi dan perbaikan bug.
  3. Apache Rya 3.2.11-incubating released
    Ini adalah rilis Apache Rya yang kedua, versi 3.2.11.

 

Contributor :


Tim idbigdata
always connect to collaborate every innovation 🙂
Tertarik dengan Big Data beserta ekosistemnya? Gabung
Jasa joki ml