:::: MENU ::::

Seputar Big Data #46

Kumpulan berita, artikel, tutorial dan blog mengenai Big Data yang dikutip dari berbagai site. Berikut ini beberapa hal menarik yang layak untuk dibaca kembali selama minggu empat bulan Januari 2017

Artikel dan Berita

  1. Kominfo Dorong DPR Tetapkan UU Perlindungan Data Pribadi Tahun Ini
    Penetapan Undang-Undang (UU) Perlindungan Data Pribadi dinilai semakin krusial, mengingat tren big data telah meluas ke berbagai lini. Masyarakat sadar atau tanpa sadar telah menyerahkan informasi personal ke berbagai layanan internet. Kendati begitu, UU Perlindungan Data Pribadi ini masih mengambang, dan bahkan belum menjadi prioritas dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2018. Namun Kominfo akan mendorong DPR untuk mengesahkan UU tersebut tahun ini.
  2. Google Suntik Dana Segar Rp16 Triliun untuk Gojek
    Gojek mendapatkan suntikan dana segar Alphabet, induk perusahaan Google dan beberapa rekan senilai US$1,2 miliar atau sekitar Rp16 triliun. Selain Google, investor asal Singapura, Temasek Holdings, KKR & Co, Warburg Pincus LLC dan platform online China Meituan-Dianping pun akan berpartisipasi dalam suntikan dana tersebut. Kabarnya rencana pendanaan ini sudah dibuka sejak tahun lalu dan diproyeksikan akan rampung dalam beberapa pekan.
  3. Indonesia menjadi tempat yang ideal untuk bisnis data center
    Indonesia menjadi tempat pengembangan bisnis pusat data dan teknologi kumputasi awan yang menarik bagi investor karena tingkat pengembalian modal investasi (ROIC) yang mencapai 11,6%, atau tertinggi di Asia Pasifik. Di Singapura, tingkat ROIC hanya 9,5%, sedang di Australia, karena mahalnya fasilitas di perkotaan, angka ROIC hanya 3,8% atau terendah.
  4. How Big Data Is Revolutionizing Sports
    Dunia olahraga tidak luput dari pengaruh big data. Saat ini semakin banyak klub maupun atlet yang memanfaatkan data untuk meningkatkan performa mereka. Artikel ini mengupas bagaimana data mengubah wajah dunia olahraga.
  5. Alphabet unveils Chronicle, a security company that uses big data to detect vulnerabilities
    Alphabet Inc meluncurkan unit bisnis baru yang akan menjual perangkat lunak cyber security ke perusahaan-perusahaan besar. Unit baru yang bernama Chronicle ini memanfaatkan kemampuan machine learning untuk menyaring dan menganalisis data dalam jumlah besar secara lebih cepat dan tepat dibanding metode tradisional.
  6. 4 tips for delivering more business value with short-term big data projects
    Banyak perusahaan yang menjalankan project big data kesulitan menunjukkan value bisnis yang didapat dari project yang mereka jalankan, terutama karena project big data biasanya berskala besar dan berjangka panjang. Berikut ini beberapa tips menjalankan project berjangka pendek untuk dapat memperoleh hasil yang nyata.

Tutorial dan Pengetahuan Teknis

  1. Introduction to distributed TensorFlow on Kubernetes
    Contoh implementasi TensorFlow dii atas kubernetes di Amazon cloud.
  2. Time Series Visualisations: Kibana or Grafana?
    Review mengenai Kibana dan Grafana, tools untuk data visualisasi, terutama untuk data time series. Bagaimana kedua tools tersebut dapat saling melengkapi dan apakah dirilisnya Kibana Timelion membuat Grafana menjadi redundan dalam penggunaan Kibana.
  3. An introduction to unified queuing and streaming
    Perbedaan antara queuing dan streaming kadang tidak terlalu jelas, dan kebingungan dalam hal ini seringkali dapat menyebabkan kesalahan desain. Artikel ini menjelaskan dengan baik untuk perbedaan antara keduanya, dilengkapi dengan beberapa keterangan tambahan tentang bagaimana Apache Pulsar mendukung kedua use case.
  4. Machine Learning with R Caret – Part 1
    Serial ini adalah mengenai pembelajaran mesin dengan R. Artikel ini menggunakan paket Caret di R. Pada bagian ini, pertama-tama akan dilakukan Exploratory Data Analysis (EDA) pada dataset nyata, dan kemudian menerapkan regresi linier non-reguler. Contoh kasusnya adalah melakukan prediksi output daya berdasarkan seperangkat pembacaan dari berbagai sensor dalam sebuah pembangkit listrik berbahan bakar gas alam.
  5. implyr: R Interface for Apache Impala
    Package dplyr menyediakan grammar untuk pemrosesan data di R. Package implyr membantu dplyr untuk menerjemahkan grammar tersebut ke dalam Impala-compatible SQL commands. Artikel ini menjelaskan mengenai instalasi dan contoh penggunaan implyr.
  6. Step by Step Tutorial: Deep Learning with TensorFlow in R
    Tutorial langkah demi langkah penerapan deep learning menggunakan TensorFlow di R.

Rilis Produk

  1. Apache Impala 2.11.0
    Apache Impala 2.11.0 mencakup peningkatan dalam integrasi S3 (support IAM role), code gen, dan support Kudu. Secara keseluruhan terdapat 200 ticket yang tercakup dalam rilis ini.
  2. Apache HBase 2.0.0 beta is Available
    Apache HBase 2.0.0 telah tersedia dalam versi beta. Terdapat 2000 perubahan yang tercakup dalam rilis ini.
  3. Apache Solr 7.2.1 released
    Rilis 7.2.1 mencakup 3 bug fixes dari versi 7.2.0, dan meliputi juga Apache Lucene 7.2.1 yang mengandung 1 bug fix dari versi 7.2.0-nya.

 

Contributor :


Tim idbigdata
always connect to collaborate every innovation 🙂
Tertarik dengan Big Data beserta ekosistemnya? Gabung
Jasa joki ml