:::: MENU ::::

Seputar Big Data Edisi #39

Beberapa tema yang tersaji minggu ini, Rilis Hadoop 2.9.0, bagaimana AI mempercepat pengembangan obat, potensi blockchain dan big data, hingga [FREE BOOK] memahami dasar-dasar algoritma machine learning yang dapat difahami oleh siswa ataupun pembaca non-expert.

Kumpulan berita, artikel, tutorial dan blog mengenai Big Data yang dikutip dari berbagai site. Berikut ini beberapa hal menarik yang layak untuk dibaca kembali selama minggu ketiga bulan November 2017

Artikel dan Berita

  1. Big data and machine learning algorithms could increase risk of collusion: ACCC
    Anggapan yang umum selama ini adalah, penggunaan data dan teknologi informasi dapat meningkatkan transparansi dan fairness, namun ternyata hal sebaliknya dapat juga terjadi. Komisi pengawasan persaingan usaha dan perlindungan konsumen Australia (ACCC) memberikan ikhtisar mengenai kemungkinan terjadinya kasus di mana algoritma machine learning dapat digunakan sebagai alat untuk melakukan pelanggaran hukum dalam persaingan usaha.
  2. The Big Idea Behind Big Data
    Salah satu teori yang sangat powerful dan banyak digunakan, terutama dalam big data, adalah network theory. Mulai dari bagaimana ‘memotong’ penyebaran penyakit menular, memahami dan memprediksi perekonomian, mendeteksi jaringan teroris, sampai dengan meningkatkan penjualan. Artikel ini mengupas dengan menarik mengenai teori ini.
  3. Belong partners with American Cancer Society to help beat cancer with AI
    Hari ini, Belong: Beating Cancer Together – aplikasi chat yang menghubungkan antara pasien dengan dokter dan profesional – telah mengumumkan kemitraan dengan American Cancer Society. Belong bukan hanya aplikasi chat dan komunikasi, tetapi juga mengkombinasikan AI, Machine Learning dan Big Data, yang membantu pasien untuk memperoleh informasi, edukasi dan bantuan pribadi.
  4. How AI Is Helping Speed Drug Development
    Pengembangan obat adalah proses yang rumit dan memakan waktu yang lama. Untuk sebuah obat sampai dapat dikonsumsi pasien rata-rata memerlukan waktu 12 tahun. Bagaimana AI dapat membantu mempercepatnya?
  5. Blockchain and Big Data: When Two Super Technologies Meet, What Happens?
    Blockchain menjadi fenomena baru yang berkembang dengan pesat. Apa itu blockchain, apa hubungannya dengan big data, bagaimana pemanfaatannya dan bagaimana peluangnya di masa depan?
  6. China: Police ‘Big Data’ Systems Violate Privacy, Target Dissent
    Big Data adalah alat yang dapat digunakan untuk kebaikan, namun juga dapat digunakan untuk mengekang hak asasi manusi. HRW menyerukan Pemerintah China untuk menghentikan pemantauan dan pengumpulan data terhadap masyarakatnya, sebelum mereka memiliki hukum yang jelas mengenai perlindungan privasi. Saat ini pemerintah China mengawasi dan mencatat berbagai detail informasi dari ratusan juta rakyat biasa, dan menggunakan data tersebut untuk mengidentifikasi mereka yang memiliki pemikiran yang tidak sejalan dengan pemerintah. Selanjutnya pemerintah melakukan pengintaian terhadap orang-orang tersebut.

Tutorial dan pengetahuan teknis

  1. Cassandra to Kafka Data Pipeline (Part 2)
    Tutorial berikut merupakan bagian kedua dari pemanfaatan Cassandra dan Kafka. Pada bagian ini akan dijelaskan mengenai Change Data Capture pada Cassandra.
  2. How to Build a Geographic Dashboard with Real-Time Data
    Dalam posting ini, diperlihatkan bagaimana membangun dashboard geografis interaktif menggunakan Displayr, Plotly dan R. Hal ini sangat menarik karena menggunakan studi kasus untuk melacak posisi real-time pesawat militer.
  3. How to Prepare a Photo Caption Dataset for Training a Deep Learning Model
    Dalam tutorial ini akan diperlihatkan bagaimana mempersiapkan foto dan deskripsi tekstual yang siap dalam mengembangkan model deep learning untuk membuat foto caption otomatis.
  4. [DATASET] YouTube-8M Dataset
    Open dataset kali ini adalah YouTube-8M, yaitu kumpulan video yang sudah ditandai, terdiri dari jutaan ID video YouTube dan label terkait dari beragam kosa kata dari 4700+ entitas visual. Google menyatakan bahwa data ini dirancang untuk dapat digunakan untuk melakukan training model dasar dalam waktu satu hari dengan satu mesin, maupun untuk melakukan berbagai eksplorasi mendalam dengan model yang lebih kompleks, yang dapat memakan waktu berhari-hari bahkan berminggu-minggu.
  5. [FREE EBOOK] Understanding Machine Learning: From Theory to Algorithms
    Machine learning adalah salah satu bidang ilmu yang paling cepat berkembang, dengan aplikasi yang luas. Buku ini memberikan penjelasan teoritis tentang gagasan yang mendasari machine learning dan derivasi matematis yang mengubahnya menjadi algoritma praktis. Buku ini menyajikan dasar-dasar dan algoritma machine learning dengan cara yang dapat difahami oleh siswa maupun pembaca non-expert dalam bidang statistik, ilmu komputer, matematika, dan teknik.

Rilis produk

  1. Apache Hadoop 2.9.0 released
    Apache Hadoop 2.9.0 dirilis baru-baru ini. Ini merupakan rilis pertama dari Hadoop 2.9.x, dan mencakup fitur-fitur baru yang bersifat major seperti misalnya Timeline Service, YARN Federation, YARN Web UI, HDFS, dan CapacityScheduler API
  2. Apache Kafka 0.11.0.2 Released
    Apache Kafka versi 0.11.0.2 telah dirilis. Di dalamnya meliputi beberapa perbaikan penting termasuk satu bug fixing yang berkaitan dengan data loss.
  3. Apache ZooKeeper 3.4.11
    Rilis 3.4.11 Apache Zookeper mencakup beberapa bug fixes dan perbaikan.
  4. Apache Phoenix 4.13 released
    Apache Phoenix memungkinkan OLTP berbasis SQL dan analytics operasional untuk Apache Hadoop menggunakan Apache HBase sebagai penyimpanan, dan menyediakan integrasi dengan ekosistem Apache lain seperti Spark, Hive, Pig, Flume, dan MapReduce.
    Phoenix versi 4.x kompatibel dengan HBase 0,98 dan 1,3. Rilis 4.13.0 ini mencakup perbaikan pencatatan statistik, perbaikan bug kritikal untuk pembuatan snapshot, dan perbaikan bug lainnya.
  5. Apache Hive 2.3.2 Released
    Apache Hive 2.3.2 dirilis minggu ini. Rilis ini mencakup bug fix di beberapa sub komponen, termasuk klien metastore Hive dan Kerberos.

 

Contributor :


Tim idbigdata
always connect to collaborate every innovation 🙂
Tertarik dengan Big Data beserta ekosistemnya? Gabung
Jasa joki ml