:::: MENU ::::

Seputar Big Data edisi #69

Kumpulan berita, artikel, tutorial dan blog mengenai Big Data yang dikutip dari berbagai site. Berikut ini beberapa hal menarik yang layak untuk dibaca kembali selama minggu kedua bulan April 2019.

Artikel dan berita

  1. Google launches AI Platform, a collaborative model-making tool for data scientists
    Google meluncurkan AI Platform versi beta dalam Google Cloud Platform. AI Platform ini didesain untuk developer, data scientists, and data engineers. Semua tahap AI dapat dilakukan dengan mudah dan aman, mulai dari exploratory data analysis, pembuatan model, pemilihan model tertentu hingga mengimplementasikannya baik dalam Google Cloud maupun cloud lain.
  2. How AI and Big Data will Transform Banking in 2019
    Implementasi Big Data dan AI dapat memberikan manfaat dan pengaruh yang sangat besar bagi industri perbankan. Mulai dari menciptakan customer experience, saran dan perencanaan keuangan yang disesuaikan dengan pelanggan, hingga optimasi proses dan pekerjaan administrasi serta menurunkan biaya internal.
  3. How Waze is using data pacts, beacons, and carpools to win over cities
    Data lalu lintas ternyata dapat menjadi sumber yang sangat berharga dalam mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi berbagai kota di dunia. Dengan program CCP-nya, saat ini Waze telah bermitra dengan 900 kota dan organisasi di seluruh dunia dalam pemanfaatan data dan aplikasinya untuk pelayanan publik, mulai dari pengurangan polusi, kemacetan, penanganan bencana, dan lain sebagainya.
  4. Big Data Paves The Way For Fantastic New Social Listening Tools
    Big data memegang peranan yang lebih penting dari sebelumnya dalam menyelaraskan hubungan antara pelanggan dan sebuah merek atau brand. Hal ini memberi wawasan yang lebih baik pada sebuah merek tentang perilaku pelanggan, yang membantu mereka menjangkau mereka dengan lebih efektif. Aplikasi sosial listening adalah contoh utama dari aplikasi ini.
  5. AI/ML Lessons for Creating a Platform Strategy – Part 1
    Platform perusahaan (seperti visi, kebijakan dan strategi) memegang peranan yang sangat penting bagi perkembangan sebuah perusahaan. Dalam artikel ini diberikan beberapa contoh untuk membantu perusahaan mapan mengevaluasi diri, di mana mereka dapat membuat platform yang mendukung AI/ML agar tetap kompetitif.

Tutorial dan pengetahuan teknis

  1. Separating the Signal from the Noise: Robust Statistics for Pedestrians
    Salah satu permasalahan navigasi kendaraan swakemudi adalah memilih informasi di tengah noise dari berbagai sensor. Permasalahan semakin pelik karena seringkali kita tidak tahu yang mana noise dan yang mana data. Artikel ini menjelaskan mengenai algoritma RANSAC (RAndom SAmple Consensus) dan implementasinya dalam R.
  2. How to Load and Visualize Standard Computer Vision Datasets With Keras
    Untuk mulai mempelajari deep learning untuk computer vision, salah satu cara paling mudah adalah dengan mempergunakan dataset standar. Artikel ini menjelaskan mengenai beberapa dataset standar dan bagaimana mengolah dan menampilkannya dalam Keras.
  3. All you need to know about text preprocessing for NLP and Machine Learning
    ‘Garbage-in-garbage-out’ merupakan salah satu prinsip yang perlu selalu diingat dalam pemrosesan data, terlebih lagi untuk NLP dan machine learning. Kualitas data yang dihasilkan dalam preprocessing menentukan kualitas model yang dihasilkan. Dalam artikel ini dijelaskan mengenai berbagai teknik preprocessing teks, diantaranya stemming, lemmatization, noise removal, normalization, beserta contoh dan penjelasan tentang kapan Anda harus menggunakannya.
  4. Ingesting Data From Files With Apache Spark, Part 1
    CSV mungkin merupakan format pertukaran data yang paling populer saat ini. posting ini menunjukkan kepada kita bagaimana mengunggah data set dalam file CSV menggunakan Apache Spark.

Rilis Produk

  1. Apache Arrow 0.13.0 Release
    Rilis ini meliputi hasil development selama 2 bulan, mencakup 550 resolved issue dari 81 kontributor.
  2. Apache Flink 1.8.0 released
    Komunitas Apache Flink dengan bangga mengumumkan Apache Flink 1.8.0. Rilis terbaru mencakup lebih dari 420 masalah yang diselesaikan dan beberapa fitur tambahan menarik.
  3. Apache Nifi Version 1.9.2
    Versi 1.9.2 ini merupakan rilis stabilitas dan bug fixing.

Contributor :


Tim idbigdata
always connect to collaborate every innovation 🙂
Tertarik dengan Big Data beserta ekosistemnya? Gabung
Jasa joki ml