:::: MENU ::::

Seputar Big Data edisi #74

Kumpulan berita, artikel, tutorial dan blog mengenai Big Data dan AI yang dikutip dari berbagai site. Berikut ini beberapa hal dan topik menarik yang layak untuk dibaca kembali hingga pertengahan bulan September 2019

Artikel dan berita

  1. Jutaan Data Penumpang Lion Air Dilaporkan Bocor di Forum Internet
    Puluhan juta data penumpang dua maskapai penerbangan milik Lion Air kabarnya beredar di forum pertukaran data sejak sebulan lalu. Data-data itu diakses dalam penyimpanan cloud Amazon Web Services (AWS) yang dibuka lewat web.
  2. Database leaks data on most of Ecuador’s citizens, including 6.7 million children
    Kebocoran data besar-besaran mengekspos data pribadi lengkap dari hampir setiap individu di Ekuador. Insiden ini berdampak pada sekitar 20 juta orang (sebagai referensi, Ekuador memiliki populasi sekitar 17 juta). Data yang terekspos termasuk 6,7 juta anak di bawah umur dan data presiden Ekuador sendiri.
  3. What’s next for big data after a turbulent 2019?
    Selama awal hingga pertengahan tahun 2019 dipenuhi dengan guncangan yang cukup dahsyat dalam bidang big data dan analisa data. Ditandai dengan gelombang akuisisi yang tampaknya tidak ada habisnya. Diiringi dengan naik turunnya saham vendor Big Data dunia.
  4. Digital transformation in aviation: Big data, IoT, AI & mobility
    Sejak revolusi digital yang dimulai hampir seperempat abad lalu, industri penerbangan selalu berada di garis depan transformasi digital. Saat ini semakin banyak perusahaan yang sangat menyadari kunci dari pemanfaatan penuh potensi pasar penerbangan adalah dengan menawarkan solusi terobosan bentuk baru dengan memanfaatkan teknologi digital.
  5. Can AI Save Our Oceans? Let’s Start With The Data.
    Dekade terakhir ini lautan berada dalam krisis yang sangat mengkhawatirkan dan dapat membahayakan seluruh umat manusia. Masalah serius yang dihadapi mulai dari perubahan iklim, pencemaran plastik hingga penangkapan ikan berlebihan.

Tutorial dan pengetahuan teknis

  1. The 5 Classification Evaluation metrics every Data Scientist must know
    Jika telah selesai membuat model klasifikasi, hal berikutnya adalah mengevaluasi model tersebut untuk meningkatkan akurasinya. Tapi apakah kita hanya menggunakan akurasi sebagai metrik kinerja model kita?
  2. A Quick Introduction To Deep Learning
    Selama beberapa tahun terakhir, deep learning telah meninggalkan laboratorium penelitian untuk menaklukkan dunia nyata. Hasil spektakuler telah dibuat oleh Google, Amazon, Facebook atau pun Microsoft, melalui penggunaan algoritma deep learning telah mendapat eksposur yang luar biasa dari media.
  3. BERT, RoBERTa, DistilBERT, XLNet: Which one to use?
    Hadirnya Google BERT telah menghebohkan dunia NLP. BERT mampu mengungguli metode NLP lainnya. Artikel ini akan membandingkan antara berbagai metode BERT dan turunannya, sehingga kita dapat memilih mana yang paling sesuai untuk kebutuhan.
  4. Social Network Visualization with R
    Analisis dan visualisasi data jejaring sosial menggunakan R, langkah demi langkah lengkap dengan source code.
  5. Doing Multivariate Time Series Forecasting with Recurrent Neural Networks
    Perkiraan Time Series adalah area penting dalam Pembelajaran Mesin. Dengan perkembangan terkini dalam jaringan syaraf tiruan, kita dapat mengatasi berbagai masalah yang sulit dilakukan dengan pendekatan prediksi deret waktu klasik. Artikel ini menjelaskan bagaimana cara menggunakan Keras ‘Long-Short Term Memory (LSTM) untuk Time Series Forecasting dan MLFLow untuk menjalankan model pelacakan.
  6. Using Jakarta EE/MicroProfile to Connect to Apache Kafka: Part Two
    Ekstensi CDI adalah mekanisme di mana kita dapat mengimplementasikan fungsionalitas tambahan di atas CDI container. Ekstensi ini memungkinkan Jakarta EE / MicroProfile untuk terus mengembangkan ekosistem mereka dengan lebih banyak kerangka kerja dan integrasi. Posting ini akan membahas tentang opsi lain untuk mengintegrasikan Jakarta EE / MicroProfile dengan Apache Kafka. Posting pertama dalam seri ini dapat ditemukan di sini : https://dzone.com/articles/using-jakarta-eemicroprofile-to-connect-to-apache.

Rilis Produk

  1. Apache Calcite 1.21.0 released
    Rilis ini mencakup lebih dari 100 penyelesaian issue, termasuk di dalamnya banyak fitur baru, peningkatan secara umum, maupun perbaikan bugs. Calcite adalah framework manajemen data dinamis, yang mendukung berbagai bahasa dan data engine, serta menyediakan SQL parser.
  2. Announcing the General Availability of Cloudera Streams Management
    Cloudera memperkenalkan bundel manajemen dan monitoring untuk Kafka : Cloudera Streams Management (CSM).
  3. Announcing Two New Natural Language Dialog Datasets
    Google merilis 2 dataset baru yang berisi percakapan dalam bahasa Inggris, yang dapat digunakan untuk melatih asisten digital.

Contributor :


Tim idbigdata
always connect to collaborate every innovation πŸ™‚
Tertarik dengan Big Data beserta ekosistemnya? Gabung
Jasa joki ml