:::: MENU ::::

Connected Cows

Connected Cows

Fujitsu mengembang sebuah sistim untuk membantu peternak dalam mengembangbiakkan hewan ternaknya. Fujitsu menggunakan teknologi dan metode Big Data terkini untuk membantu salah satu industri tertua di dunia yaitu peternakan.

Sebuah presentasi yang sangat menarik yang dibawakan oleh Joseph Sirosh, Corporate Vice President of the Information Management and Machine Learning Microsoft, pada saat Strata+Hadoop di San Jose pada bulan Februari 2015 lalu. Ia menceritakan secara singkat mengenai sebuah sistim yang dapat membantu peternak sapi dalam memprediksi waktu yang tepat untuk melakukan inseminasi buatan, dengan memanfaatkan Komputasi Awan, IoT, Machine Learning dan Data Science.

Peternak sapi di Jepang merasa kesulitan untuk melakukan hal-hal misalnya untuk mengetahui saat yang tepat untuk melakukan inseminasi buatan. Dikarenakan tanda-tandanya sangatlah singkat dan seringkali terjadi pada saat malam hari. Hal ini cukup menyulitkan, apalagi jika sapi yang dipantau berjumlah ratusan bahkan ribuan. Belum lagi memantau penyakit yang diderita oleh sapi.

Fujitsu membuat sebuah pedometer yang digunakan untuk menghitung jumlah langkah sapi setiap saat. Pedometer ini diletakkan di kaki sapi ini memiliki baterai yang mampu bertahan sampai 5 tahun dan mampu bertahan pada kondisi yang buruk di kandang sapi. Data-data jumlah langkah sapi ini dikirimkan melalui internet dan dianalisa oleh aplikasi yang dibuat dalam platform Microsoft Azure dan notifikasi akan dikirim ke ponsel atau komputer peternak.

Metoda pendeteksian masa subur sapi dengan menggunakan pola langkah diklaim memiliki tingkat keberhasilan sebesar 95%. Selain itu, dapat ditentukan waktu inseminasi buatan yang tepat untuk menghasilkan sapi jantan atau sapi betina. Sapi untuk pedaging atau sapi untuk menghasilkan susu. Yang lebih menarik adalah dengan pola langkah dapat dideteksi 8 - 10 jenis penyakit yang diderita oleh hewan ternak tersebut.


"Connected Cows?" - Joseph Sirosh (Strata + Hadoop 2015)

Contributor :


Sigit Prasetyo
Seorang pengembara dunia maya, sangat suka mengeksplorasi dan menelusuri tautan demi tautan dalam internet untuk memperoleh hal-hal menarik. Saat ini sedang berusaha mengasah ilmu googling. Memiliki kegemaran memancing walaupun saat ini lebih sering memancing di kantor, terutama memancing emosi.

Tertarik dengan Big Data beserta ekosistemnya? Gabung
Jasa joki ml