:::: MENU ::::

Seputar Big Data edisi #78

Kumpulan berita, artikel, tutorial dan blog mengenai Big Data yang dikutip dari berbagai site. Berikut ini beberapa hal menarik yang layak untuk dibaca kembali selama minggu V bulan Oktober 2019.

Artikel dan berita

  1. How AI-Powered Chatbots are Changing the Customer Experience
    Chatbots kini tidak lagi hanya hayalan film fiksi ilmiah atau perusahaan berteknologi tinggi. Tahun lalu, lebih dari dua pertiga konsumen melaporkan berinteraksi dengan Chatbot.
    40% konsumen mengatakan mereka tidak peduli siapa yang membantu mereka selama mereka mendapatkan apa yang mereka butuhkan. 47% konsumen mengatakan terbuka terhadap gagasan untuk membeli produk atau layanan dari Chatbots.
  2. The Growing Importance Of Big Data In Application Monitoring
    Big Data tidak hanya berguna untuk pengembangan aplikasi. Big Data juga sangat ideal untuk memonitor aplikasi dengan lebih mudah. Banyak aplikasi dapat memanfaatkan algoritma AI untuk memastikan user experience terbaik, meminimalkan down time dan memastikan sistem berjalan dengan lancar.
  3. Largest cyber-attack in Georgia’s history linked to hacked web hosting provider
    Georgia mengalami serangan cyber besar-besaran di mana lebih dari 15.000 situs web dirusak dan kemudian dimatikan. Serangan tersebut dianggap sebagai yang terbesar dalam sejarah negara itu, dan berdampak pada situs-situs berbagai lembaga pemerintah, bank, pengadilan, surat kabar lokal, dan stasiun TV.
  4. Machine Learning Based Fraud Detection Models in Healthcare
    Fraud pada layanan kesehatan membahayakan bagi pasien, penyedia layanan, maupun pembayar pajak. Penipuan kesehatan di AS diperkirakan mencapai $68 miliar per tahun, bahkan bisa mencapai $230 miliar. Dengan demikian, deteksi yang tepat waktu dan efektif sangat penting untuk meningkatkan kualitas perawatan. Penyedia asuransi kesehatan Aetna menggunakan 350 model pembelajaran mesin untuk memerangi fraud. Banyak dari model tersebut merupakan jenis deteksi anomali, yang menargetkan penyimpangan dalam dataset besar.

Tutorial dan pengetahuan teknis

  1. Tutorial: Presto + Alluxio + Hive Metastore on Your laptop in 10 Minutes
    Tutorial ini menjelaskan cara install dan setup stack Presto, Alluxio, dan Hive Metastore di server lokal. Selain itu juga menunjukkan cara menggunakan Alluxio sebagai caching layer untuk Presto request. Dalam stack ini, Presto adalah SQL engine untuk merencanakan dan mengeksekusi query, Alluxio adalah layer orkestrasi data, dan Hive Metastore adalah layanan katalog untuk membaca skema tabel dan informasi lokasi.
  2. Getting Started with Rust and Apache Kafka
    Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan mengenai simulasi event sourcing bank dalam Clojure. Pada artikel ini ditunjukkan penambahan SSL dan penggabungan beberapa topik menggunakan opsi subject name strategy dari Confluent Schema Registry, serta mengubah salah satu komponen dari Clojure ke Rust.
  3. Feature Selection: Beyond feature importance?
    Dalam pembelajaran mesin, Pemilihan Fitur adalah salah satu proses yang sangat penting. Meskipun terdengar sederhana, pemilihan fitur adalah salah satu masalah paling kompleks dalam proses pembuatan model. Dalam posting ini diuraikan mengenai 3 teknik berbeda untuk melakukan Seleksi Fitur pada dataset Anda dan bagaimana membangun model prediksi yang efektif.
  4. A Gentle Introduction to Maximum Likelihood Estimation for Machine Learning
    Maximum likelihood estimation (MLE) adalah kerangka kerja yang umum digunakan untuk memperkirakan distribusi probabilitas sampel dalam machine learning. Kerangka kerja ini memberikan dasar bagi banyak algoritma penting, termasuk regresi linier, regresi logistik, dan deep neural network. Artikel ini memberikan pengenalan yang mudah untuk anda memahami MLE.
  5. [DATASET] Introducing the Schema-Guided Dialogue Dataset for Conversational Assistants
    Salah satu pertanyaan penting dalam pengembangan asisten AI seperti Google Assistant adalah : bagaimana asisten AI dapat mendukung layanan baru tanpa perlu data tambahan dan pelatihan ulang? Tim peneliti Google baru-baru ini merilis korpus yang menurut mereka merupakan kompilasi terbesar dari dialog-dialog berorientasi tugas/task. Dataset yang disebut the Schema-Guided Dialogue (SGD) corpus diharapkan dapat membantu pengembangan asisten virtual dengan adaptabilitas yang lebih baik.

Rilis Produk

  1. Open-sourcing Polynote: an IDE-inspired polyglot notebook
    Polynote adalah notebook polyglot dengan dukungan Scala, integrasi Apache Spark, interoperabilitas multi-bahasa termasuk Scala, Python, dan SQL, autocomplete as-you-type, dan banyak lagi. Polynote memberikan para ilmuwan data dan peneliti pembelajaran mesin lingkungan notebook yang memungkinkan mereka untuk mengintegrasikan platform ML berbasis JVM – yang banyak menggunakan Scala – dengan library pembelajaran mesin dan visualisasi Python yang populer.
  2. Apache Druid (incubating) 0.16.0 release
    Apache Druid 0.16.0-incubating mencakup lebih dari 350 perubahan yang terdiri dari fitur-fitur baru, peningkatan kinerja, perbaikan performance, perbaikan bugs, dan peningkatan dokumen. Apache Druid (incubating) adalah database analytics real-time untuk OLAP di atas dataset besar.
  3. Apache Geode 1.10.0
    Geode 1.10.0 ini adalah rilis triwulanan yang berisi sejumlah peningkatan fitur dan kinerja serta perbaikan bug. Pengguna disarankan untuk melakukan upgrade ke rilis terbaru ini.
  4. Apache Tuweni 0.8.2 released
    Apache Tuweni adalah sekumpulan library dan tools untuk membantu pengembangan blockchain dan perangkat lunak terdesentralisasi dalam Java dan bahasa JVM lainnya.

Contributor :


Tim idbigdata
always connect to collaborate every innovation 🙂
Tertarik dengan Big Data beserta ekosistemnya? Gabung
Jasa joki ml