:::: MENU ::::

Seputar Big Data edisi #73

Setelah lama tidak hadir, kali ini seputar informasi mengenai big data hadir kembali. Informasi yang diambil dari berita, artikel, tutorial dan blog mengenai Big Data yang dikutip dari berbagai site.

Artikel dan berita

  1. Deep learning is about to get easier — and more widespread
    Permasalahan utama dari AI, khususnya deep learning adalah kebutuhan akan data yang sangat besar untuk melatih mesin agar dapat menemukan pola dan hubungan dalam data. Tidak semua perusahaan atau institusi dapat menyediakan data tersebut, oleh karena itu para peneliti terus berusaha mengembangkan metode untuk mengatasi hal ini, agar deep learning dapat lebih mudah dijangkau oleh semua kalangan. Artikel ini menyajikan 3 di antaranya.
  2. Facebook AI’s RoBERTa improves Google’s BERT pretraining methods
    Peneliti Facebook AI dan University of Washington menemukan cara untuk meningkatkan performa BERT yang merupakan model NLP yang dipublikasikan oleh Google. Model baru ini diuji menggunakan dataset untuk benchmark seperti GLUE, SQuAD, dan RACE. Diberi nama RoBERTa singkatan dari “Robustly Optimized BERT approach”, model ini mengadopsi banyak teknik yang digunakan oleh Bidirectional Encoder Representations from Transformers (BERT) miliki Google.
  3. Big Data Is Already A Thing Of The Past: Welcome To Big Data AI
    Sebelumnya, Big Data adalah salah satu frasa yang paling banyak dibicarakan tentang tren teknologi. Saat ini istilah kecerdasan buatan (AI) sudah sangat populer. Kedepannya kombinasi antara Big Data dan AI diprediksi akan menjadi trend baru, sebut saja Big Data AI.
  4. 4 Ways AI-Driven ETL Monitoring Can Help Avoid Glitches
    Proses ETL (Extract, Transform, Load) adalah salah satu proses terpenting dalam analitik big data dan juga merupakan proses terpanjang dan terberat. Jika proses awal ini gagal maka analisa tidak dapat dilakukan dengan baik. Bagaimana AI dan machine learning dapat mendeteksi kesalahan ETL sebelum berubah menjadi analisa yang tidak akurat?

Tutorial dan pengetahuan teknis

  1. Learn Classification with Decision Trees in R
    Salah satu algoritma klasifikasi yang paling mudah adalah decision tree. Dalam artikel ini akan dibahas penggunaan algoritma decision tree yang diimplementasikan menggunakan R.
  2. Real-Time Stream Processing With Apache Kafka Part 2: Kafka Stream API
    Artikel lanjutan dari artikel sebelumnya yang telah membahas apa itu Apache Kafka. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai Kafka API khususnya Stream API.
  3. Illustrated: 10 CNN Architectures
    Artikel ini adalah bentuk visualisasi dari 10 arsitektur CNN populer, yang bisa kita gunakan. Digambarkan dengan sederhana dan ringkas sehingga mudah dilihat dan dipahami gambaran keseluruhannya.

Rilis Produk

  1. Announcing the MLflow 1.1 Release
    Minggu ke empat bulan Juli lalu, tim development dari databricks merilis MLflow 1.1. Dalam rilis ini, berfokus pada menyempurnakan komponen pelacakan MLflow dan meningkatkan komponen visualisasi di UI.
  2. Microsoft ML Server 9.4 now available
    Microsoft Machine Learning Server, platform untuk mengimplementasikan machine learning menggunakan R dan Python, telah diperbarui ke versi 9.4. Pembaruan ini mencakup mesin update R 3.5.2 dan Python 3.7.1, dan mendukung integrasi dengan Spark 2.4.
  3. Apache Arrow 0.14.1 released
    Rilis ini merupakan patch rilis yang mencakup penyelesaian 46 issue sejak rilis 1.14.0 pada 8 Juli 2019 lalu. Sebelumnya, rilis 1.14.0 mencakup penyelesaian 602 issue dari rilis 1.13.0. Apache Arrow adalah platform pengembangan lintas bahasa untuk in-memory data.
  4. Apache Kudu 1.10.0 Released
    Versi 1.10.0 adalah rilis minor yang mencakup beberapa fitur baru, peningkatan, optimasi, maupun perbaikan bugs. Kudu adalah mesin penyimpanan untuk data terstruktur yang dirancang dalam konteks ekosistem Apache Hadoop dan mendukung integrasi dengan proyek data analitik lain di dalam maupun di luar Apache.
  5. Apache Solr™ 8.2.0 available
    Rilis ini mencakup beberapa fitur baru, perbaikan, optimasi, dan bug fixing. Solr adalah platform pencarian NoSQL terpopuler dari proyek Apache Lucene.
  6. Apache Rya 4.0.0-incubating released
    Rya adalah triple store RDF berbasis cloud yang mendukung kueri SPARQL. Rya adalah sistem manajemen data RDF yang dikembangkan di atas Apache Accumulo®. Versi ini adalah rilis Apache yang ketiga dari Rya.

Contributor :


Tim idbigdata
always connect to collaborate every innovation 🙂
Tertarik dengan Big Data beserta ekosistemnya? Gabung
Jasa joki ml