:::: MENU ::::

Seputar Big Data edisi #70

Kumpulan berita, artikel, tutorial dan blog mengenai Big Data yang dikutip dari berbagai site. Berikut ini beberapa hal menarik yang layak untuk dibaca kembali selama minggu ke 4 bulan April 2019.

Artikel dan berita

  1. EU votes to create gigantic biometrics database
    Parlemen Eropa minggu lalu memilih untuk menghubungkan serangkaian sistem kontrol perbatasan, migrasi, dan penegakan hukum ke dalam database raksasa, yang berisi data biometrik dari warga negara UE dan non-UE. Sistem ini akan menjadi salah satu basis data pelacakan orang terbesar di dunia setelah sistem yang digunakan oleh pemerintah Cina dan sistem Aadhaar di India.
  2. MongoDB extends into a new mobile Realm
    MongoDB mengumumkan akuisisi terhadap Realm, database lightweight yang dioptimalkan untuk perangkat seluler. Realm adalah database embedded berbasis objek yang sering diposisikan sebagai alternatif dari SQLite yang berusia 20 tahun.
  3. Harvard Medical School’s AI estimates protein structures up to a million times faster than previous methods
    Resep pembentukan protein (komponen dasar dari jaringan, enzim dan antibodi) tercantum dalam DNA. Namun DNA hanya menunjukkan komponen apa saja yang membentuknya, bukan struktur atau bentuk akhir dari protein tersebut. Para ahli memperkirakan bahwa diperlukan 13.8 miliar tahun untuk mencari tahu semua konfigurasi yang mungkin dari ribuan amino acid untuk menentukan struktur yang paling tepat. Para peneliti di Harvard Medical School berhasil membuat sebuah program yang dapat memberikan prediksi struktur protein tersebut hingga jutaan kali lebih cepat dari sistem yang ada sekarang, tanpa mengurangi akurasi.
  4. How Can Artificial Intelligence Help Fintech Companies?
    Teknologi keuangan dan perusahaan fintech berada di ujung tombak perkembangan teknologi industri keuangan. Salah satu teknologi yang banyak digunakan adalah kecerdasan buatan. Dengan AI, perusahaan di seluruh dunia mulai melakukan hal-hal luar biasa. Apa saja pemanfaatan AI dalam bidang fintech?
  5. Using AI to Make Knowledge Workers More Effective
    Berbagai kemampuan baru AI membuka kemungkinan kolaborasi antara mesin dan manusia. Dengan AI, mesin dapat memperluas keahlian manusia dan menghasilkan tenaga ahli baru. Sistem semacam ini diperkirakan mempengaruhi 48% tenaga kerja Amerika yang termasuk knowledge-worker, dan lebih dari 230 juta knowledge-worker di dunia. Berikut ini beberapa cara memanfaatkan AI untuk meningkatkan efektifitas tenaga kerja tersebut.
  6. Become a Vital Asset to an Organization: Get a Big Data Hadoop and Apache Spark Developer Certification
    Dalam dunia yang semakin bergantung pada data dan teknologinya, kebutuhan terhadap tenaga yang memiliki kemampuan dalam pengolahan dan analisis data sangat besar. Oleh karenanya, salah satu cara untuk menjadi ‘aset’ penting yang banyak dibutuhkan adalah dengan mendapatkan sertifikasi di bidang teknologi big data, di antaranya Hadoop dan Spark developer.

Tutorial dan pengetahuan teknis

  1. Data Visualization in Python: Matplotlib vs Seaborn
    Seaborn dan Matplotlib adalah dua library Python untuk visualisasi yang paling terkenal. Seaborn menggunakan lebih sedikit sintaks dan memiliki tema default yang memukau dan Matplotlib lebih mudah disesuaikan dengan mengakses kelas-kelasnya.
  2. Fine-Grained Authorization with Apache Kudu and Impala
    Apache Impala memungkinkan otorisasi tingkat object (fine-grained) terhadap semua tabel yang dikelolanya, termasuk tabel Apache Kudu, melalui Apache Sentry. Dalam artikel ini dijelaskan bagaimana menggabungkan otorisasi tersebut dengan otorisasi fine-grained yang dimiliki Apache Kudu untuk mendapatkan deployment multi-tenant yang aman.
  3. Apache Storm Tutorial
    Tutorial dasar mengenai Apache Storm beserta contoh implementasinya.
  4. Architectural Innovations in Convolutional Neural Networks for Image Classification.
    CNN terdiri dari dua elemen yang sangat sederhana, yaitu layer convolutional dan layer pooling. Meskipun sederhana, terdapat hampir tak terbatas cara untuk mengatur layer ini. Dalam tutorial ini Anda akan menemukan beberapa arsitektur kunci untuk penggunaan jaringan saraf convolutional untuk menyelesaikan permasalahan klasifikasi gambar.
  5. [DATASET] Stanford ML Release MRNet Knee MRI Dataset
    Stanford ML Group yang dipimpin oleh Andrew Ng telah merilis MRNet Dataset, yang berisi lebih dari 1000 hasil pemindaian MRI lutut beranotasi serta mengumumkan kompetisi terbuka untuk pembuatan model yang secara otomatis dapat menginterpretasikan data tersebut.

Rilis Produk

  1. Uber Submits Hudi, an Open Source Big Data Library, to The Apache Software Foundation
    Dalam proses membangun kembali platform Big Data-nya, Uber menciptakan library Spark open-source bernama Hadoop Upserts dan Incremental (Hudi). Pustaka ini memungkinkan pengguna untuk melakukan operasi seperti memperbarui, menyisipkan, dan menghapus data Parquet yang ada di Hadoop. Setelah meng-opensource-kan Hudi pada 2017 lalu, baru-baru ini Uber menyerahkan Hudi kepada Apache Software Foundation untuk memperluas jangkauan dan dukungan opensource terhadap Hudi.
  2. Apache Accumulo 1.9.3
    Apache Accumulo 1.9.3 mengandung perbaikan bug untuk log write-ahead, compactions, dan lain sebagainya. Pengguna versi sebelumnya disarankan untuk mengupgrade ke versi ini (lihat rilis note untuk keterangan lebih detail).
  3. Apache Kylin 3.0.0-alpha released
    Rilis ini adalah versi alpha dari Kylin v3.0, yang memperkenalkan fitur Real-time OLAP. Seluruh perubahan dalam rilis ini dapat ditemukan di: https://kylin.apache.org/docs/release_notes.html

Contributor :


Tim idbigdata
always connect to collaborate every innovation 🙂
Tertarik dengan Big Data beserta ekosistemnya? Gabung
Jasa joki ml