:::: MENU ::::

Seputar Big Data edisi #66

Kumpulan berita, artikel, tutorial dan blog mengenai Big Data yang dikutip dari berbagai site. Berikut ini beberapa hal menarik yang layak untuk dibaca kembali selama minggu ketiga bulan Maret 2019.

Artikel dan berita

  1. Big data AI startup Noble.AI raises a second seed round from a chemical giant
    Noble.AI, sebuah perusahaan AI berbasis yang mengklaim dapat mempercepat pengambilan keputusan dalam R&D, mendapatkan pendanaan baru dari Solvay Ventures, cabang VC dari sebuah perusahaan kimia besar, Solvay SA. Meskipun ronde tersebut dirahasiakan, TechCrunch mengetahui bahwa total pendanaan yang diperoleh Noble.AI hingga saat ini adalah US$8,6 juta.
  2. Big Data – The Budget Myth
    Banyak departemen TI mengimplementasi big data dengan membuat anggaran untuk perangkat keras dan perangkat lunak saja. Mereka tidak menyadari bahwa keberhasilan solusi mereka di masa depan tergantung pada perencanaan anggaran yang efektif untuk beberapa area penting lainnya.
  3. Singapore’s Top 10 High Growth Analytics & AI Startups With The Highest Funding
    Investasi modal ventura di startup Singapura tumbuh subur beberapa tahun terakhir dengan banyak investasi di bidang AI, IoT, analitik, data sains, dan startup cloud. Artikel ini mengulas 10 startup terkemuka di bidang teknologi yang mendapat pendanaan terbesar dalam dua tahun terakhir di Singapura.
  4. UW campuses using big data to predict students at risk of dropping out
    University of Wisconsin System baru-baru ini menyewa jasa konsultan big data untuk membantu mengidentifikasi siswa yang berisiko dan menyelamatkan mereka dari drop out. UW menandatangani kontrak untuk lima tahun senilai $10,8 juta. UW mendapatkan akses ke perangkat lunak analitik prediktif yang menghitung “skor risiko” siswa berdasarkan demografi, nilai tes dan transkrip sekolah menengah mereka.
  5. Researchers teach neural networks to determine crowd emotions
    Para ahli dari Higher School Of Economics telah mengembangkan suatu algoritma yang mendeteksi emosi dari sekelompok orang pada video berkualitas rendah. Solusi ini memberikan keputusan hanya dalam seperseratus detik, lebih cepat daripada algoritma lain yang ada, dengan akurasi yang sama. Hasilnya dijelaskan dalam makalah ‘Emotion Recognition of a Group of People in Video Analytics Using Deep Off-the-Shelf Image Embeddings.’

Tutorial dan pengetahuan teknis

  1. How to Train a Keras Model 20x Faster with a TPU for Free
    Artikel ini menjelaskan bagaimana melatih Model LSTM menggunakan Keras dan Google CoLaboratory dengan TPU untuk mengurangi waktu pelatihan secara eksponensial dibandingkan dengan GPU pada mesin lokal Anda, secara gratis.
  2. A Gentle Introduction to Computer Vision
    Artikel ini menyajikan pengenalan terhadap bidang computer vision (CV), mencakup definisi, tujuan, tantangan dan apa task yang diselesaikan menggunakan CV.
  3. Harnessing Organizational Knowledge for Machine Learning
    Salah satu hambatan terbesar dalam mengembangkan aplikasi pembelajaran mesin (ML) adalah kebutuhan akan kumpulan data berlabel yang besar untuk melatih model. Google bekerja sama dengan Stanford dan Brown University, mengeksplorasi bagaimana pengetahuan yang ada dalam suatu organisasi dapat digunakan sebagai supervisi tingkat tinggi yang lebih ‘noisy’, atau sering disebut ‘weak supervision’, untuk melabeli kumpulan data training dengan cepat.
  4. Using Apache Spark to Query a Remote Authenticated MongoDB Server
    Apache Spark adalah salah satu alat open source paling populer untuk data besar. Pelajari cara menggunakannya untuk mengambil data dari server MongoDB jarak jauh.
  5. SOA vs. EDA: Is Not Life Simply a Series of Events?
    Kapan Anda harus menggunakan API? Kapan Anda harus menggunakan event? Sebagian besar arsitektur perangkat lunak kontemporer adalah gabungan dari dua pendekatan ini. Artikel ini mencoba menjelaskan dalam istilah awam apa itu arsitektur berbasis event (EDA) dan membandingkannya dengan arsitektur berorientasi layanan (SOA).
  6. The Importance of Data Lineage
    Dalam hal pengumpulan dan analisis yang akurat dari sejumlah besar informasi, data lineage merupakan aspek yang sangat penting. Artikel ini menjelaskan mengenai apa itu data lineage, dan mengapa data lineage perlu dicatat.
  7. Top R Packages for Data Cleaning
    Pembersihan data adalah salah satu tugas yang paling penting dan memakan waktu bagi para data saintis. Berikut ini adalah paket R paling populer untuk data cleansing.

Rilis Produk

  1. Apache Kudu 1.9.0 Released
    Rilis 1.9.0 ini adalah rilis minor yang mencakup perbaikan bugs, penambahan fitur, peningkatan dan optimasi.
  2. Apache NiFi 1.9.1 release
    Versi 1.9.1 ini adalah bug dan stability release.
  3. Apache Kylin 2.6.1 released
    Versi ini merupakan rilis bugfix sesudah versi 2.6.0, dengan 7 peningkatan fitur dan 19 perbaikan bugs. Apache Kylin adalah Engine analitik terdistribusi yang dirancang untuk memberikan antarmuka SQL dan analisis multidimensional di atas Apache Hadoop.

Contributor :


Tim idbigdata
always connect to collaborate every innovation 🙂
Tertarik dengan Big Data beserta ekosistemnya? Gabung
Jasa joki ml