:::: MENU ::::

Seputar Big Data Edisi #47

Kumpulan berita, artikel, tutorial dan blog mengenai Big Data yang dikutip dari berbagai site. Berikut ini beberapa hal menarik yang layak untuk dibaca kembali selama minggu Pertama bulan Februari 2017

Artikel dan Berita

  1. Top 7 Ways How Banks Could Benefit from Smart Bots
    Pemanfaatan AI dalam industri semakin meningkat, termasuk di dalamnya bidang perbankan. Salah satu yang paling banyak diadopsi adalah penggunaan smart bot untuk smart assistant maupun customer service. Berikut ini 7 poin mengenai bagaimana penerapan smart bot dapat memberikan keuntungan bagi perbankan.
  2. Using AI to uncover the mystery of Voynich manuscript
    Ilmuwan komputasi di University of Alberta menggunakan kecerdasan buatan untuk menguraikan manuskrip kuno. Teks misterius dalam manuskrip Voynich abad ke-15 telah menggugah keingintahuan para sejarawan dan kriptografer sejak ditemukannya pada abad ke-19. Baru-baru ini, seorang profesor ilmu komputer yang ahli dalam pemrosesan bahasa alami menggunakan kecerdasan buatan untuk memecahkan ambiguitas dalam bahasa manusia menggunakan manuskrip Voynich sebagai studi kasus.
  3. Top Skills Data Scientists Need To Learn in 2018
    Data saintis adalah profesi yang sangat diminati, dan menempati posisi nomor 1 di daftar Glassdoor’s Best Jobs in America pada 2016 dan 2017. Hal ini mendorong permintaan serta gaji lebih tinggi untuk para profesional dengan kualifikasi ini. Artikel berikut ini menampilkan daftar singkat keterampilan teknologi paling penting yang perlu dikuasai oleh data saintis di tahun ini.
  4. How big data is helping states kick poor people off welfare
    Teknologi adalah senjata yang sangat ampuh, dan sebagaimana senjata pada umumnya, tergantung pada manusia yang memanfaatkannya, apakah akan digunakan untuk kebaikan atau justru membawa keburukan. Salah satu kontroversi pemanfaatan big data adalah bagaimana data justru digunakan untuk merugikan pihak-pihak lemah, misalnya seperti yang dikatakan Virginia Eubank, profesol ilmu politik universitas Albany, bahwa “data digunakan untuk membidik dan menghukum masyarakat miskin di Amerika“.

Tutorial dan Pengetahuan Teknis

  1. Apache Hive vs. Apache HBase
    Banyak orang yang bertanya apakah sebaiknya mereka menggunakan Apache Hive, Apache HBase, Apache SparkSQL, atau yang lainnya. Tentunya tidak ada tools yang sesuai untuk semua orang. Semua harus dikembalikan kepada kebutuhan dan jenis permasalahan yang akan diselesaikan. Artikel ini mengupas secara singkat perbandingan antara Hive dan HBase, serta beberapa pertanyaan yang perlu anda ajukan sebelum memilih data engine tools.
  2. Web Scraping Tutorial with Python: Tips and Tricks
    Web scraping atau mengekstraksi data secara otomatis dari sebuah halaman web merupakan langkah penting dalam berbagai aplikasi yang melibatkan analisis web. Artikel ini menyajikan beberapa aturan, pola umum desain, dan kesalahan yang umum terjadi yang berhubungan dengan web scraping.
  3. Understanding Learning Rates and How It Improves Performance in Deep Learning
    Artikel ini menjelaskan mengenai apa itu learning rate dan bagaimana penggunaannya untuk meningkatkan kinerja dalam deep learning.
  4. Apache Kafka is not for Event Sourcing
    Apache Kafka merupakan platform open source untuk data stream terdistribusi yang paling terkemuka saat ini. Namun ada beberapa kelemahan, khususnya dalam penggunaannya sebagai event sourcing pattern, dalam hal loading status terkini dan konsistensi writes.
  5. Apache Beam: A Look Back at 2017
    Apache Beam menyajikan kilas balik 2017 yang meliputi perkembangan komunitas dan inovasi dalam kemampuan seperti portabilitas antarbahasa dan dukungan machine learning, serta rencana pengembangan ke depan.

Rilis Produk

  1. Apache NiFi MiNiFi 0.4.0
    Versi 0.4.0 Apache NiFi MiNiFi mencakup beberapa peningkatan dan penambahan support untuk Apache NiFi 1.5.0.
  2. Apache Phoenix 4.13.2
    Apache Phoenix 4.13.2 mencakup beberapa perbaikan dan kompatibilitas dengan CDH.
  3. Jepsen versi 0.1.7
    Jepsen adalah tools untuk menguji correctness sistem data terdistribusi dalam menghadapi failure. Rilis 0.1.7 mencakup beberapa perbaikan bugs, perubahan dan penambahan fitur.
  4. Apache Scoop 1.4.7
    Riilis ini mencakup 100 tiket JIRA yang terdiri dari beberapa bug fixes, peningkatan dan penambahan fitur.

 

Contributor :


Tim idbigdata
always connect to collaborate every innovation 🙂
Tertarik dengan Big Data beserta ekosistemnya? Gabung
Jasa joki ml