:::: MENU ::::

Seputar Big Data Edisi #43

Kumpulan berita, artikel, tutorial dan blog mengenai Big Data yang dikutip dari berbagai site. Berikut ini beberapa hal menarik yang layak untuk dibaca kembali selama minggu ke 3 bulan Desember 2017

Artikel dan Berita

  1. Retail: How to Keep it Personal & Take Care of Privacy
    Pemanfaatan informasi pelanggan untuk meningkatkan penjualan adalah hal yang sudah biasa dalam sektor retail. Yang perlu dicermati adalah, dengan semakin canggihnya teknologi pengumpulan, penyimpanan dan pengolahan informasi, bagaimana para pengusaha di sektor ini dapat meningkatkan personalisasi layanan mereka, dengan tetap menjaga privasi para pelanggannya.
  2. How AI can make us better at arguing
    Kemampuan untuk berdebat dan menyampaikan pemikiran adalah salah satu ciri khas manusia. Perdebatan merupakan bagian yang penting dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk penentuan kebijakan dalam berbagai bidang. Salah satu yang perlu diwaspadai dalam era teknologi informasi saat ini adalah terbentuknya ‘filter bubbles’ di mana informasi yang kita dapatkan sudah dipersonalisasi atau disesuaikan dengan profil kita oleh penyedia informasi, termasuk Google, Facebook, bahkan media-media online seperti Fox News dan BBC. ARG-Tech, sebuah pusat penelitian di Universitas Dundee bekerja sama dengan BBC Radio melakukan percobaan dengan mendeploy dua jenis ‘teknologi debat’ dengan memanfaatkan data dan AI.
  3. Perkuat Sistem Big Data, Pemerintah Bakal Bangun Government Cloud
    Belanja kebutuhan IT pemerintah, khususnya untuk pengadaan data center semakin meningkat. Namun sejauh ini implementasi dan pemanfaatannya masih belum menyeluruh. Oleh karena itu pemerintah berencana membangun Government Cloud untuk mendorong adopsi teknologi.
  4. Industry Predictions: Main AI, Big Data, Data Science Developments in 2017 and Trends for 2018
    Tahun 2017 hampir berakhir, waktunya merangkum yang telah terjadi selama 2017 dan melakukan prediksi untuk tahun 2018. Berikut adalah kumpulan analisis dan prediksi menarik dari perusahaan terkemuka di bidang AI, Big Data, Data Science, dan Machine Learning: apa yang terjadi pada tahun 2017 dan apa yang mungkin terjadi di tahun 2018.
  5. Understanding the Network Monitoring Needs of Real-Time Data Streaming
    Real time data streaming saat ini semakin menjadi suatu kebutuhan, terutama untuk pemantauan jaringan. Artikel ini memberikan argumen mengenai kebutuhan tersebut, beserta contoh-contoh kasus nyata.
  6. The Difference between Data Scientists, Data Engineers, Statisticians, and Software Engineers
    Data scientists, data engineers, software engineers, and statisticians adalah beberapa profesi yang populer saat ini. Namun kita terkadang sulit membedakan perbedaan diantara mereka. Artikel ini mencoba mengupas kesamaan dan perbedaan di antara profesi-profesi tersebut.

Tutorial dan Pengetahuan Teknis

  1. Getting Started with TensorFlow: A Machine Learning Tutorial
    Tutorial pengenalan Tensorflow yang cukup detail, lengkap dengan contoh untuk dicoba secara hands-on.
  2. How to Perform Hierarchical Clustering using R
    Salah satu metode clustering yang cukup banyak digunakan saat ini adalah hierarchical clustering. Dalam teknik ini pengelompokan dilakukan secara berjenjang atau hirarkis. Artikel ini membahas secara detail mengenai konsep tersebut serta penerapannya dalam R.
  3. Introducing Heron Streamlets
    Heron kini memiliki Sebuah streamlet API yang yang mensupport model pemrograman tingkat tinggi, yang melengkapi low level API yang sudah dimiliki sebelumnya, yaitu Topology API. Streamletss API ini akan cukup familiar untuk anda yang terbiasa menggunakan sekuens Skala atau Java Stream. Artikel ini memberikan overview mengenai Streamlets lengkap dengan contoh code-nya.
  4. The Plight of the Data Consumer
    Apache Arrow merupakan salah satu project Apache yang populer namun tidak banyak diketahui secara detail, karena digunakan sebagai library internal. Artikel ini menjelaskan mengenai bagaimana Pandas dan library lainnya menggunakan Arrow untuk meningkatkan translasi data dan storage footprint.
  5. Using Hue to interact with Apache Kylin in your cluster or on AWS
    Apache Kylin adalan sistem database OLAP untuk big data, yang mensupport JDBC drivers dan dapat digunakan untuk menjalankan query dari Hue. Artikel ini menjelaskan mengenai langkah-langkah dasar penggunaan Hue dan Apache Kylin di atas AWS cluster.
  6. The Curious Case of the Broken Benchmark: Revisiting Apache Flink® vs. Databricks Runtime
    Tidak semua hal di internet itu benar. Termasuk juga hasil benchmark. Untuk memvalidasi suatu hasil perbandingan atau benchmark, cara yang paling tepat adalah melakukannya dengan use case kita sendiri. Artikel ini merupakan contoh kasus di mana hasil sebuah benchmark antara Apache Spark, Apache Flink, dan Apache Kafka Streams bisa berbeda karena adanya bug dalam data generator yang digunakan untuk masukan, dan perubahan pada konfigurasi.
  7. [DATASET] MIT-Adobe FiveK Dataset
    Dataset ini berisi 6 x 5000 image, yang terdiri dari 5000 foto yang diambil dengan kamera SLR oleh beberapa fotografer. Disimpan dalam format RAW, yang berarti lengkap dengan semua informasi yang direkam oleh sensor kamera. Selanjutnya 5 orang mahasiswa seni melakukan retouch menggunakan Adobe Lightroom untuk menghasilkan foto yang lebih artistik, seperti yang biasa dipakai dalam kartu pos.

Rilis Produk

  1. The Apache Software Foundation Announces Apache® Hadoop® v3.0.0 General Availability
    Apache Hadoop 3.0.0 akhirnya dirilis minggu lalu. Beberapa fitur penting yang ditambahkan adalah HDFS erasure encoding, a preview dari v2 YARN Timeline Service, peningkatan YARN/HDFS Federation, dan lain sebagainya.
  2. Apache HBase 1.1.13 is now available for download
    Apache HBase 1.1.13 merupakan rilis terakhir dari stream 1.1, mencakup beberapa perbaikan bug dan peningkatan.
  3. Apache Flink 1.4.0 Release Announcement
    Apache Flink 1.4.0 mencakup perbaikan fitur exactly-once, dan beberapa peningkatan internal lain.
  4. Introducing spark-bam
    Spark-bam adalah sebuah library untuk membaca file berformat BAM, yaitu salah satu format standar untuk data genomic.
  5. Apache Knox 0.14.0 Release
    Apache Knox 0.14.0 diharapkan menjadi versi terakhir sebelum versi 1.0. Rilis kali ini mencakup dukungan proxy Nifi dan Livy, konfigurasi jarak jauh melalui ZooKeeper, peningkatan dukungan untuk Websocket, dan lain-lain.
  6. Upgrade Hadoop version & new file reader
    Kafka-connect-fs adalah library yang mendukung loading data dari file melalui Kafka Connect.
  7.  

    Contributor :


    Tim idbigdata
    always connect to collaborate every innovation 🙂
Tertarik dengan Big Data beserta ekosistemnya? Gabung
Jasa joki ml