:::: MENU ::::

Seputar Big Data Edisi #40

Kumpulan berita, artikel, tutorial dan blog mengenai Big Data yang dikutip dari berbagai site. Berikut ini beberapa hal menarik yang layak untuk dibaca kembali selama minggu ke 4 bulan November 2017

Artikel dan Berita

  1. Nearly 40% of Data Professionals Spend Half of their Time Prepping Data Rather than Analyzing It
    Menurut survey yang dilakukan oleh TMMData bekerja sama dengan Digital Analytics Association, menemukan bahwa sekitar 40% dari para profesional yang bekerja di bidang pengolahan data, menghabiskan lebih dari 20 jam per minggu untuk mengakses, menggabungkan dan menyiapkan data daripada melakukan analisis data.
  2. Predicting Analytics: 3 Big Data Trends in Healthcare
    Perangkat wearable, sensor dan data lake menjadi suatu hal yang umum digunakan pada industri kesehatan, sehingga analisis data dapat menawarkan sistem perawatan yang lebih personal dan hemat biaya.
  3. Usai Paradise Papers, DJP Bakal Punya Big Data Pajak dari AEoI
    Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan akan memiliki data dengan skala besar dan valid dari otoritas pajak seluruh negara saat implementasi pertukaran data secara otomatis (Automatic Exchange of Information/AEoI) per September 2018
  4. Infrastructure 3.0: Building blocks for the AI revolution
    Saat ini kita telah memasuki era machine learning dan artificial intelligence. Gabungan antar data yang masif, sistem penyimpanan yang murah, sistem komputasi yang fleksibel dan perkembangan algoritma, terutama dalam bidang deep learning, telah menghasilkan aplikasi yang tadinya hanya ada dalam novel fiksi ilmiah

Tutorial dan Pengetahuan Teknis

  1. Using WebSockets With Apache NiFi
    Tutorial mengenai implementasi Websocket server dan client menggunakan Apache Nifi.
  2. Transactions in Apache Kafka
    Artikel lanjutan mengenai transaksi dalam Apache Kafka. Membahas mengenai berbagai aspek dari Kafka transaction API, yaitu use case, detail transaction API untuk Java client, dan pertimbangan yang perlu diambil dalam menggunakan API tersebut.
  3. A Framework for Approaching Textual Data Science Tasks
    Membahas secara singkat dan jelas mengenai kerangka kerja untuk proses-proses data sains tekstual, serta perbedaan antara NLP dan teks mining.
  4. An Introduction to Blockchain
    Popularitas blockchain saat ini semakin meningkat. Blockchain memberikan tingkat keamanan yang cukup tinggi, bahkan diklaim ‘hack resistance’
  5. Customer Analytics: Using Deep Learning With Keras To Predict Customer Churn
    Menyajikan dengan lengkap dan detail mengenai implementasi prediksi churn menggunakan R on Keras Deep Learning. Model yang dibuat adalah Artificial Neural Network, dengan akurasi sampai 82 % dengan menggunakan dataset IBM Watson Telco Customer Churn.
  6. Mapping “world cities” in R
    Tutorial mengenai data wrangling dan visualisation menggunakan R. Menampilkan peta “world cities”, yaitu kota-kota yang telah diidentifikasi oleh Jaringan Riset Globalisasi dan Kota Dunia (GaWC), sebagai kota yang sangat terhubung dan berpengaruh dalam ekonomi dunia.
  7. [DATASET] The MNIST Database of Handwritten Digits
    Kumpulan image untuk klasifikasi digit hasil tulisan tangan. Dataset ini dianggap bagus untuk deep learning karena cukup kompleks untuk digunakan dalam jaringan syaraf tiruan, namun tetap dapat diproses menggunakan sebuah CPU.
  8. [FREE EBOOK]
    Ebook dari Databricks, tentang pengenalan dasar dan praktis mengenai Spark, disertai contoh code.

Rilis Produk

  1. November Update of KSQL Developer Preview Available
    KSQL, streaming SQL engine untuk Kafka yang pada Agustus lalu diluncurkan versi developer preview-nya, merilis update pertama. Selanjutnya rilis update rencananya akan dilakukan sebulan sekali, dan program beta segera diluncurkan.
  2. Apache® Impala™ as a Top-Level Project
    Apache mengumumkan bahwa project Impala, database analitik untuk Apache Hadoop, naik statusnya menjadi top level project.

  3. Apache Kerby 1.1.0 released
    Apache Kerby adalah binding Java Kerberos yang menyediakan implementasi, library, KDC, dan berbagai fasilitas yang mengintegrasikan PKI, OTP dan token untuk environment cloud, Hadoop dan mobile.
    Versi 1.1.0 ini merupakan rilis major, yang mencakup implementasi dukungan cross-realm dan modul GSAPI.
  4.  

    Contributor :


    Tim idbigdata
    always connect to collaborate every innovation 🙂
Tertarik dengan Big Data beserta ekosistemnya? Gabung
Jasa joki ml