:::: MENU ::::

Seputar Big Data Edisi #26

Kumpulan berita, artikel, tutorial dan blog mengenai Big Data yang dikutip dari berbagai site. Berikut ini beberapa hal menarik yang layak untuk dibaca kembali selama minggu kedua bulan Agustus 2017

Artikel dan Berita

  1. Steering Big Data Projects in the Modern Enterprise
    Meskipun penerapan big data bukanlah hal mudah, namun semakin banyak perusahaan yang mengimplementasi atau mempertimbangkan big data sebagai competitive advantage mereka. Secara garis besar inisiasi implementasi big data dapat dibagi menjadi 3 tahap : assesment awal, perencanaan langkah strategis, dan penentuan sasaran yang spesifik dan dapat dijangkau. Artikel ini mengupas mengenai 5 tingkatan big data maturity model yang dapat dijadikan acuan dalam adopsi big data ke dalam proses bisnis.
  2. Merchant attrition is a big problem. Can big data help?
    Bagi penyedia layanan pembayaran seperti kartu kredit, salah satu permasalahan yang dihadapi adalah mundurnya merchant, atau disebut juga merchant attrition. Langkah untuk mengatasi hal ini tidak selalu mudah, karena tidak semua merchant menunjukkan tanda-tanda yang jelas. Oleh karena itu untuk dapat mendeteksi secara dini dan mengambil tindakan preventif, para acquirer menggunakan big data analytics.
  3. Intel, NERSC and University Partners Launch New Big Data Center
    Intel bekerja sama dengan Pusat Komputasi Ilmiah Riset Energi Nasional (NERSC) milik Departemen Energi Amerika Serikat, dan 5 Intel Parallel Computing Centers (IPCC), membuat sebuah Big Data Center. Pusat big data ini akan melakukan modernisasi kode sekaligus menangani tantangan-tantangan sains yang aplikatif.
  4. How Big Data Analytics Companies Support Value-Based Healthcare
    Layanan kesehatan merupakan salah satu bidang yang sangat penting, tidak terkecuali di Amerika Serikat. Pelayanan kesehatan berbasis fee-for-service yang saat ini digunakan dipandang tidak efektif dan tidak tepat sasaran, oleh karena itu banyak pihak mulai beralih ke layanan kesehatan berbasis nilai (value based healthcare atau VBH). Pada dasarnya VBH menganggap setiap episode konsultasi, pemeriksaan lab, rawat inap, dan prosedur lain sebagai satu kesatuan. Untuk itu perlu integrasi dari berbagai sumber data dan mungkin organisasi yang saat ini masih banyak terpisah-pisah. Salah satu solusi yang dapat mengatasi kebutuhan tersebut adalah big data analytics.
  5. Toyota, Intel and others form big data group for automotive tech
    Sebuah konsorsium yang terdiri dari beberapa nama besar seperti Denso, Ericsson, Intel and NTT Docomo, bekerja sama dengan Toyota mengembangkan sistem Big Data untuk mendukung program mobil yang mampu berjalan sendiri (sefl-driving car) dan teknologi otomotif masa depan lainnya.

Tutorial dan Pengetahuan Teknis

  1. Cassandra to Kafka Data Pipeline (Part 1)
    Artikel ini menunjukkan dengan cukup jelas langkah demi langkah pembuatan sistem dengan Cassandra cluster dan Kafka sebagai event source tanpa downtime.
  2. DeepMind papers at ICML 2017 (part one)
    Beberapa paper mengenai DeepMind yang disampaikan pada ICML 2017, diantaranya mengenai decoupling antarmuka dalam neural netwok menggunakan synthetic gradient, reinforcement learning menggunakan minimax regret bounds, dan lain sebagainya.
  3. New R Course: Spatial Statistics in R
    Salah satu bidang yang banyak digunakan dalam berbagai aplikasi saat ini, terutama yang berkaitan dengan IoT dan berbagai aplikasi berbasis lokasi adalah statistik spasial. Topik β€œSpatial Statistics in R” merupakan course terbaru yang diluncurkan oleh Datacamp, sebuah platform online learning.
  4. Update Hive Tables the Easy Way
    Pada awalnya memastikan kemutakhiran data dalam Apache Hive membutuhkan pembuatn aplikasi custom yang kompleks, tidak efisien dan sulit di-maintain. Blog ini menunjukkan bagaimana mengatasi permasalahan data manajemen yang umumnya dihadapi, seperti misalnya sinkronisasi data Hive dengan sumber data di RDBMS, update partisi dalam Hive, dan masking atau purging data secara selektif di Hive.
  5. Implementing Temporal Graphs with Apache TinkerPop and HGraphDB
    Big Data bagi sebagian besar orang dibayangkan sebagai data-data yang tidak terstruktur. Walaupun demikian, selalu ada data-data terstruktur dan memiliki relasi diantaranya (relational data). Berdasarkan relasi keterkaikan antar data tersebut, dibutuhkan satu atau lebih skema untuk menangani jenis data tersebut. Pola umum yang sering terlihat adalah sebuah hirarki atau representasi hubungan antar data.
  6. An Introduction to Apache Flink
    Salah satu platform pemrosesan big data streaming yang paling banyak digunakan saat ini adalah Apache Flink. Artikel ini merupakan bagian pertama dari serangkain artikel yang menjelaskan dasar-dasar implementasi Apache Flink.

Rilis Produk

  1. Apache Hadoop 2.7.4 Release
    Rilis Apache Hadoop 2.7.4, yang merupakan penerus dari seri Hadoop 2.7.3, mencakup 264 perbaikan baik perbaikan bugs yang bersifat kritis, maupun optimasi.

 

Contributor :

Tim idbigdata
always connect to collaborate every innovation πŸ™‚
Tertarik dengan Big Data beserta ekosistemnya? Gabung
Jasa joki ml