:::: MENU ::::

Seputar Big Data Edisi #24

Kumpulan berita, artikel, tutorial dan blog mengenai Big Data yang dikutip dari berbagai site. Berikut ini beberapa hal menarik yang layak untuk dibaca kembali selama minggu terakhir bulan Juli 2017

Artikel dan berita

  1. Mark Zuckerberg, Priscilla Chan Donate $ 10M to Advance Health Using Big Data
    Priscilla Chan (yang juga alumni Fakultas Kedokteran UCSF) dan Mark Zuckerberg mendonasikan dana sekitar $10 juta untuk mendukung berbagai penelitian pada Institute for Computational Health Sciences, University of California San Francisco (UCSF). Termasuk didalamnya adalah pengembangan UCSF’s Spoke Knowledge Network, semacam 'otak' untuk pengobatan yang lebih presisi yang memberikan para peneliti akses ke data-data dari berbagai sumber yang berbeda-beda, seperti percobaan laboratorium, uji klinis, EHR dari perangkat digital seorang pasien.
  2. Scientists turn to big data in hunt for minerals, oil and gas
    Dari Reuters OSLO, Para ilmuwan yang mencari segala sesuatu mulai dari minyak bumi dan gas, hingga tembaga dan emas, mulai mengadopsi teknik yang digunakan oleh perusahaan seperti Netflix dan Amazon untuk mengolah data yang berukuran sangat besar.
  3. How BMW Uses Artificial Intelligence And Big Data To Design And Build Cars Of Tomorrow
    BMW menciptakan beberapa mobil berteknologi tinggi yang belum pernah kita lihat. Berkat Kecerdasan Buatan (AI), data-driven predictive analytics dan teknologi terdepan lainnya, BMW mampu membangun mobil yang diperkirakan merupakan mobil masa depan.
  4. Are the world's highest paid football players overpaid? Big data says yes
    Para pakar komputer menggunakan machine learning dan data science untuk menganalisa gaji para pemain sepak bola professional. Model komputasi dikembangkan untuk menunjukkan pemain mana digaji terlalu besar atau terlalu rendah, dan juga untuk dapat mengidentifikasi keterampilan dan kemampuan yang dapat meningkatkan gaji pemain.
  5. Musk vs. Zuckerberg: Who’s Right About AI?
    Elon Musk dan Mark Zuckerberg memperdebatkan apa, tepatnya, akan terjadi dalam hubungan antara kecerdasan buatan dan manusia di masa depan, dan apakah kemajuan robot AI akan memerlukan peraturan agar manusia tidak terganggu oleh AI di masa depan.

Tutorial dan Pengetahuan Teknis

  1. Self-Learning Kafka Streams With Scala: Part 1
    Tutorial untuk mengenal Apache Kafka dengan menggunakan Scala
  2. Machine Learning Exercises in Python: An Introductory Tutorial Series
    Sebuah artikel yang menyajikan ringkasan dari rangkaian tutorial dan latihan mengenai Machine Learning yang dibuat oleh Andrew Ng dalam site Coursera. Tutorial ini menggunakan bahasa pemrograman Python.
  3. The Internet of Things: An Introductory Tutorial Series
    Sebuah seri tutorial mengenai pengenalan Internet of Things yang membahas mengenai konsep-konsep dasar, teknologi dan aplikasinya, dengan menggunakan gaya bahasa yang cukup untuk mudah dipahami oleh orang non teknis.
  4. Classifying traffic signs with Apache MXNet: An introduction to computer vision with neural networks
    Meskipun telah banyak framework mengenai deep learning, seperti TensorFlow, Keras, Torch, dan Caffe, Apache MXNet pada khususnya mulai populer karena skalabilitasnya di beberapa GPU. Dalam blog ini, akan dibahas mengenai computer vision yaitu mengklasifikasikan rambu lalu lintas di Jerman menggunakan jaringan saraf tiruan konvolusi (convolutional neural network). Jaringan mengambil foto berwarna yang berisi gambar tanda lalu lintas sebagai masukan, dan mencoba untuk mengidentifikasi jenis tanda.

Rilis Produk

  1. Solix Launches Data-driven Healthcare
    Solix Technologies, Inc. (www.solix.com), penyedia aplikasi Big Data terkemuka, hari ini mengumumkan Data-driven Healthcare, sebuah framework aplikasi yang menggunakan Solix Common Data Platform (CDP), sebuah solusi manajemen data yang memberikan Information Lifecycle Management (ILM), penyimpanan data berbiaya rendah dan analisis data lanjutan.

 

Contributor :

Tim idbigdata
always connect to collaborate every innovation 🙂
Tertarik dengan Big Data beserta ekosistemnya? Gabung
Jasa joki ml