:::: MENU ::::

Google AI Mendeteksi Kanker Payudara Stadium Lanjut Dengan Lebih Efektif dan Akurat

Google AI mempublikasikan hasil yang luar biasa dari proyek LYNA, sebuah tool berbasis deep learning yang memiliki tingkat akurasi hingga 99% dalam mendeteksi metastasis pada kanker payudara.

Tumor metastasis adalah sel-sel kanker yang menyebar dari jaringan asal mereka ke organ atau jaringan lainnya dan membentuk tumor baru di bagian lain tubuh. Pendeteksian kanker yang telah bermetastasis ke kelenjar getah bening disekitarnya adalah tugas yang sulit dan memakan waktu.

Peneliti Google mengembangkan tools yang diberi nama Lymph Node Assistant (LYNA), tools berbasis deep learning yang diharapkan dapat membantu ahli patologi untuk dapat mendeteksi dan menganalisa metastasis lebih akurat, bahkan untuk ukuran yang sangat kecil (micrometastases)


gambar_mikroskopik
LYNA ditrain untuk mengenali karakteristik tumor menggunakan dua set slide patologis yang memberikannya kemampuan untuk menemukan metastasis dalam berbagai macam kondisi. Dalam tes, LYNA dilaporkan berhasil dengan benar membedakan slide dengan kanker dari slide tanpa kanker dengan keakuratan 99%. LYNA juga mampu menentukan lokasi kanker yang beberapa di antaranya terlalu kecil untuk dapat dilihat oleh manusia

Meskipun hasil yang didapat sudah cukup baik, namun para peneliti mengakui AI masih membutuhkan beberapa evaluasi karena belum digunakan dalam lingkungan klinis yang nyata. Namun demikian, mereka tetap optimis dan berharap LYNA dapat membantu meningkatkan akurasi dan ketersediaan diagnosa patologi di seluruh dunia.

Sumber :
https://ai.googleblog.com/2018/10/applying-deep-learning-to-metastatic.html

Contributor :


Sigit Prasetyo
Seorang pengembara dunia maya, sangat suka mengeksplorasi dan menelusuri tautan demi tautan
dalam internet untuk memperoleh hal-hal menarik. Saat ini sedang berusaha mengasah ilmu googling.
Memiliki kegemaran memancing walaupun saat ini lebih sering memancing di kantor, terutama memancing emosi.
Tertarik dengan Big Data beserta ekosistemnya? Gabung
Jasa joki ml