:::: MENU ::::

Seputar Big Data edisi #68

Kumpulan berita, artikel, tutorial dan blog mengenai Big Data yang dikutip dari berbagai site. Berikut ini beberapa hal menarik yang layak untuk dibaca kembali selama minggu terakhir bulan Maret 2019.

Artikel dan berita

  1. Drillers Turning to Big Data in the Hunt for Cheaper Oil | Rigzone
    Industri minyak bumi dan gas alam mencari cara untuk menciptakan peluang bisnis baru dengan menggunakan teknologi informasi, kecerdasan buatan, big data dan analitik. Implementasi big data analytics ini diperkirakan akan men-disrupt dan mentransformasi bisnis, sebagaimana yang terjadi pada internet.
  2. Microsoft partners with OpenClassrooms to recruit and train 1,000 AI students
    Microsoft Microsoft berkerjasama dengan OpenClassroom, sebuah platform platform pendidikan online dari Perancis, untuk melatih dan merekrut siswa yang diperkirakan mampu menguasai bidang AI. OpenClassroom akan merekrut sekitar 1.000 kandidat AI dari seluruh AS, Inggris, dan Perancis.
  3. AI in Logistics: Data-Driven Shifts to Boost Your Business
    Bagi perusahaan yang bergerak dibidang logistik, AI merupakan suatu keharusan bagi organisasi untuk dapat bertahan dan meningkatkan daya saing. Menurut Forbes Insight, 65% pemimpin industri percaya bahwa logistik, transportasi, dan supply chain telah bergabung ke dalam era “transformasi menyeluruh.” Laporan Accenture juga mengungkapkan bahwa 36% organisasi besar, menengah, dan kecil telah berhasil mengadopsi AI untuk proses logistik dan supply chain. Dan 28% responden survei berada di ambang penyebaran AI di bidang ini.
  4. 11 Artificial Intelligence Trends Every Business Must Know in 2019
    Artificial Intelligence (AI) telah menjadi game changer bagi bisnis global dan membuka pintu ke berbagai kemungkinan yang tak terhitung. Dengan integrasi AI dalam bisnis, diperkirakan ekonomi global akan tumbuh secara eksponensial di tahun-tahun mendatang. Ada 11 poin penting yang harus menjadi fokus utama untuk membangun strategi AI di perusahaan.
  5. How Financial Institutions Are Becoming Champions Of Big Data
    Karena banyaknya regulasi dan undang-undang yang mengikat, menjadikan sektor keuangan memiliki ruang yang sempit dalam berinovasi. Akibatnya, pemanfaatan big data menjadi tertinggal. Namun saat ini, hal tersebut mulai berubah. Keberhasilan perusahaan Fintech dan bank tradisional akan bergantung pada kemampuan mereka untuk memanfaatkan big data dalam menggali potensi bisnis.
  6. Researchers find 540 million Facebook user records on exposed servers
    Peneliti keamanan dari UpGuard menemukan ratusan juta informasi pengguna Facebook ada di server publik tanpa sengaja. Cultura Colectiva, perusahaan media digital Meksiko, meninggalkan lebih 540 juta data pengguna, termasuk komentar, reaksi, nama akun dan banyak lagi, di Amazon S3 tanpa kata sandi, yang memungkinkan siapapun dapat mengakses data tersebut.

Tutorial dan pengetahuan teknis

  1. Setup your Raspberry Pi Model B as Google Colab (Feb ’19) to work with Tensorflow, Keras and OpenCV
    Tutorial mengenai instalasi Tensorflow, Keras dan OpenCV pada Raspberry Pi.
  2. Forget APIs Do Python Scraping Using Beautiful Soup, Import Data File from the web: Part 2
    Saat ini, Data memainkan peran penting dalam setiap industri. Dan sebagian besar data ini berasal dari internet. Dalam tutorial ini , menjelaskan mengenai penggunaan paket Beautiful Soup pada python untuk melakukan web scraping.
  3. The Importance of Distributed Tracing for Apache-Kafka-Based Applications
    Artikel ini menjelaskan bagaimana melengkapi aplikasi berbasis Kafka dengan kemampuan penelusuran terdistribusi untuk membuat aliran data antara komponen event-based lebih terlihat. Mencakup Kafka clients, aplikasi Kafka Streaming, Kafka Connect pipelines dan KSQL.
  4. 4 Approaches to Overcoming Label Bias in Positive and Unlabeled Learning
    Label bias dalam machine learning di mana data yang tersedia adalah data positif dan data tanpa label, adalah salah satu masalah paling umum yang dihadapi oleh praktisi machine learning. Hal ini bisa menjadi masalah sulit untuk dideteksi dan dapat secara serius menghambat generalisasi model. Artikel ini membahas 4 pendekatan untuk mengatasi masalah tersebut.
  5. A text mining function for websites
    Artikel mengenai contoh implementasi text mining untuk situs web, dengan menggunakan bahasa R.
  6. Spark Structured Streaming Joins
    Pada artikel ini, akan dijelaskan mengenai metode JOIN yang tersedia di Spark Structured Streaming. Dalam proses streaming, kita mungkin memiliki beberapa sumber data statis dan streaming. Data-data tersebut mungkin saja harus digabungkan. Kita akan mempelajari bagaimana Spark Structured Streaming menangani berbagai jenis JOIN antara dataset statis dan streaming.
  7. How to Load, Convert, and Save Images With the Keras API
    Keras merupakan pustaka deep learning menyediakan API yang sangat baik dalam mengolah gambar (load, prepare dan augment). Juga termasuk didalamnya fungsi-fungsi tidak terdokumentasi yang memungkinkan untuk memuat, mengkonversi, dan menyimpan file gambar dengan cepat dan mudah.

Rilis Produk

  1. Open-sourcing PyTorch-BigGraph for faster embeddings of extremely large graphs
    Tim Facebook AI mengumumkan open-sourcing PyTorch-BigGraph (PBG), sebuah tool yang memungkinkan produksi embedding grafik yang lebih cepat dan mudah untuk grafik besar.

Contributor :


Tim idbigdata
always connect to collaborate every innovation 🙂
Tertarik dengan Big Data beserta ekosistemnya? Gabung
Jasa joki ml