:::: MENU ::::

Seputar Big Data Edisi #20

Kumpulan berita, artikel, tutorial dan blog mengenai Big Data yang dikutip dari berbagai site. Berikut ini beberapa hal menarik yang layak untuk dibaca kembali selama akhir bulan Juni 2017

Artikel dan berita

  1. What Amazon taught us this week: Data-centric companies will devour competitors
    Apa sebenarnya keuntungan yang bisa didapatkan Amazon dengan akuisisi jaringan retail Whole Foods, terutama dari sisi penguasaan data dan pemanfaatannya? Berikut ini analisis dan beberapa pelajaran yang didapat dari langkah yang diambil Amazon tersebut.
  2. Football’s Next Frontier: The Battle Over Big Data
    Persaingan di dunia olah raga, khususnya American Football kini tidak lagi hanya terjadi di lapangan, namun juga dalam kancah Big Data. Setelah Asosiasi Pemain NFL menandatangani kerja sama dengan WHOOP, perusahaan wearable device yang dapat mencatat dan melacak kondisi kesehatan dan performa para atlet. Dengan informasi tersebut, pemain dapat menghindari overtraining, mengurangi cedera, mempercepat pemulihan, dan mendapatkan kondisi kesehatan yang lebih baik setelah pensiun nantinya.
  3. Big Data Tells Mortgage Traders an Amazing Amount About You
    TheNumber adalah sebuah startup yang mengumpulkan data dari berbagai sumber, seperti perusahaan pemasaran, pengajuan pinjaman publik, pengadilan dan puluhan sumber lainnya, kemudian menjualnya ke agen hipotek dan pemberi pinjaman. Dari data tersebut dapat disusun profil yang sangat lengkap dan detail dari calon peminjam. Proses yang tadinya dapat memakan waktu berhari-hari bahkan berminggu-minggu, kini dapat dilakukan dalam hitungan detik saja. Namun banyak hal yang menjadi isu dari pengumpulan dan perdagangan data ini, seperti misalnya masalah privasi dan lain sebagainya.

    The numbers don’t lie: Why women must fill the data scientist demand
    Di tengah derasnya isu mengenai makin sempitnya lapangan pekerjaan, masih terjadi permasalahan kurangnya tenaga data saintis di berbagai bidang. McKinsey bahkan memperkirakan, kekurangan tenaga data saintis di tahun 2018 akan mencapai 50% dari kebutuhannya. Jumlah perempuan di bidang ini pun masih terbilang sedikit, padahal dalam bidang ini banyak skill dan karakteristik yang dibutuhkan, sebenarnya justru lebih banyak dimiliki oleh wanita.

Tutorial dan pengetahuan teknis

  1. Deep Learning Zero to One: 5 Awe-Inspiring Demos with Code for Beginners, part 2
    Beberapa contoh dan demo aplikasi deep learning yang menarik, yang langsung dapat diunduh dan dijalankan. Tanpa matematika. Tanpa teori. Tanpa buku. Termasuk di dalamnya Pencarian Artis Spotify Artist menggunakan perintah suara, Symbolic AI Speech Recognition, dan Algorithmia API Photo Colorizer yang dapat mewarnai gambar hitam putih secara otomatis.
  2. Apache Hive on YARN
    Pelajari bagaimana menggunakan Apache Hive di atas YARN, yang memungkinkan Hadoop untuk mendukung pemrosesan yang lebih beragam dan aplikasi yang lebih luas.
  3. Log Analytics With Deep Learning And Machine Learning
    Paparan yang cukup lengkap dan menarik mengenai deep learning dan machine learning.
  4. Text Clustering : Get quick insights from Unstructured Data
    Artikel yang mengupas dengan mendalam mengenai bagaimana menggali insight dari data tak terstruktur dengan menggunakan text clustering. Bagian pertama dari dua tulisan.
  5. Bitcoin, Ethereum, Blockchain, Tokens, ICOs: Why should anyone care?
    Bitcoin, ethereum, blockchain, dan crypto currency lainnya mengambil peran yang semakin besar dalam perekonomian. Nilainya mencapai jutaan bahkan puluhan juta US$. Artikel ini mengupas mengenai apa, bagaimana dan mengapa kita perlu memahami berbagai macam crypto currency tersebut.

Rilis produk

  1. R 3.4.1 is released
    R 3.4.1 (codename "Single Candle"), dirilis dengan menyertakan sekitar 13 bug fixes.

Tertarik dengan Big Data beserta ekosistemnya? Gabung