:::: MENU ::::

Seputar Big Data Edisi #17

Kumpulan berita, artikel, tutorial dan blog mengenai Big Data yang dikutip dari berbagai site. Berikut ini beberapa hal menarik yang layak untuk dibaca kembali selama minggu pertama bulan Juni 2017

Artikel dan berita

  1. NEC Announces Million Big Data Analytics Centre in India
    Dalam rangka untuk memperkuat layanan analisa big data di India dan juga di seluruh dunia, perusahaan teknologi Jepang NEC Corporation dan NEC Technologies India Private Limited (NTI) pada hari Selasa mengumumkan peluncuran "Center of Excellence for Analytics Platform and Solutions" (COE- APS) di negara ini. Pusat ini akan mempromosikan solusi dan layanan Big Data dan Analytics Platform yang dimiliki oleh NEC, yang diberinaka "Data Platform for Hadoop (DPH)".
  2. Harnessing Big Data to build a smarter public transport system
    Warga Singapura sangat bergantung pada bis dan MRT untuk perjalanan sehari-hari mereka. Tantangan bagi operator adalah menyeimbangkan penawaran terhadap permintaan. Warga Singapura menuntut pelayanan yang lebih baik, minimal kerusakan dan cara mengatasi kepadatan penumpang pada jam-jam sibuk. Penyedia layanan berjuang untuk mengoptimalkan layanan, armada dan tenaga kerja serta mengelola alternatif solusi jika terjadi permasalahan.
  3. Amazon Using AI, Big Data To Accelerate Profits
    Amazon ingin menyediakan layanan yang mampu memberikan saran melalui gadget yang terhubung.Sebuah asisten digital pribadi telah tersedia untuk dapur kita bersama Echo, sebuah perangkat speaker yang terhubung. Tidak sampai disitu, Amazon ingin masuk ke kamar tidur kita untuk membantu kita memilih pakaian yang lebih bagus. Perangkat terbaru bernama Echo Look dilengkapi dengan kamera penginderaan, pencahayaan built-in dan perangkat lunak Style Check yang menggunakan teknologi terbaru dari machine leraning.
  4. Big Data in Sports: Going for the Gold
    Saat ini, olahraga adalah industri multi-miliar dolar global yang terdiri dari liga-liga, tim, klub, pemain, manajer, penggemar, klub penggemar, penyedia layanan, pedagang, sponsor dan bisnis dari segala jenis. Semua komponen tersebut secara terus-menerus berinteraksi dengan cara yang tak terhitung jumlahnya, menciptakan data yang masif dan terus berkembang. Data-data tersebutdapat dimanfaatkan untuk memperbaiki hampir semua aspek olahraga profesional, baik di dalam maupun di luar.

Tutorial dan pengetahuan teknis

  1. DataRobot Webinar on June 27, 2017: Automated Machine Learning in Action
    Dalam webinar ini, pelajari bagaimana DataRobot mengotomatisasi pemodelan prediktif, dan bagaimana platform ini dapat menghasilkan insight yang sama dan mendorongan produktivitas dalam implementasi machine learning.
  2. Part 6 of Data Lake 3.0: A Self-Diagnosing Data Lake
    Merupakan bagian ke 6 dari seri Data Lake 3.0. Dalam Data Lake 3.0, merupakan sebuah data lake yang besar yang dibagi antara beberapa pengguna (multiple tenants) dan aplikasi docker (mulai dari real-time hingga batch). Bagian ke 6 ini akan membahas tentang “Device Behavior Analytics” menggunaan HDP 2.6
  3. Making Apache Spark the Fastest Open Source Streaming Engine
    Databrick telah mulai membangun Structured Streaming di Apache Spark satu tahun yang lalu sebagai cara baru dan sederhana untuk mengembangkan aplikasi berkelanjutan. Cara baru ini tidak hanya mempermudah pembuatan aplikasi streaming end-to-end dengan mengekspos satu API dengan cara menulis suatu streaming querysemudah batch query, namun juga menangani kerumitan streaming dengan memastikan exactly-once-semantics, melakukan penambahan Agregasi, dan menyediakan konsistensi data di sumber dan outputnya.
  4. Building a Chatbot: Analysis and Limitations of Modern Platforms
    Industri chatbot masih dalam masa-masa awal, akan tetapi tumbuh sangat cepat. Tulisan berikut akan membahas mengenai overview dari platform-platform chatbot, perbedaan arsitekturnya, kelebihan dan kekurangannya, serta bagaimana penerapan NLP dan Machine Learning untuk meningkatkan kemampuannya.

Rilis produk

  1. Apache Flink 1.3.0 Release Announcement
    Apache Flink 1.3.0 dirilis dengan beberapa area perbaikan utama. Secara khusus, perbaikan pemulihan, API DataStream, Tabel API (SQL), dan deployment dan tools (termasuk pemantauan watermark pada front-end web). Detail lebih lanjut tentang fitur baru dapat ditemukan di pengumuman rilis.
  2. Apache Avro 1.8.2 was released
    Apache Avro 1.8.2 dirilis. Ini adalah rilis bug fix (pada Java, C ++, Py3, dan ruby), dan juga sejumlah kecil perbaikan.

Tertarik dengan Big Data beserta ekosistemnya? Gabung