:::: MENU ::::

Seputar Big Data Edisi #12

Kumpulan berita, artikel, tutorial dan blog mengenai Big Data yang dikutip dari berbagai site. Berikut ini beberapa hal menarik yang layak untuk dibaca kembali selama minggu keempat bulan April 2017

Artikel dan berita

  1. UK Consumers Open Minded About Machine Learning
    Meskipun jauh-jauh hari Hollywood telah banyak memperingatkan soal ‘the rise of the machines’, namun ternyata tampaknya masyarakat Inggris tidak terlalu terpengaruh. Dalam survey yang dilakukan untuk Royal Society, tanggapan masyarakat Inggris terhadap machine learning ternyata cukup positif, kecuali mungkin untuk penggunaan robot dan mesin pintar dalam bidang hankam.
  2. AI, Amazon, Uber: 10 tech predictions for 2022
    10 prediksi mengenai teknologi apa yang mungkin akan dan belum akan kita lihat di tahun 2022 mendatang.
  3. The Limits Of Machine Learning: Knowledge Domains That Computers May Not Be Able To Tackle
    AI, khususnya machine learning akhir-akhir ini seolah-olah menjadi sebuah teknologi super digdaya, yang di masa depan akan mampu menyelesaikan berbagai permasalahan manusia. Namun demikian, ada beberapa bidang yang mungkin tidak akan dapat diselesaikan oleh mesin, seperti dipaparkan dalam artikel ini.
  4. How Women Are Shaping The Big Data Revolution
    Satu kunci penting dalam kesuksesan implementasi big data adalah tentang perubahan kebiasaan dan budaya kerja, dan perubahan budaya berarti hubungan dengan manusia. Untuk mengatasi tantangan ini, semakin banyak wanita yang dipilih untuk posisi eksekutif yang terkait dengan data, yang kemudian sering disebut sebagai ‘Data Diva’.
  5. Big data and the future of learning
    Big data, khususnya analisis prediktif, menjadi salah satu teknologi yang semakin banyak diadopsi oleh HRD. Setelah talent management, rekruitmen, dan performance management, kini giliran bidang L&D (learning and development) yang merasakan manfaatnya, apa lagi setelah E-Learning semakin marak. Apa saja penerapannya, dan apa tantangannya?
  6. eBay: Big Data Can Humble A CEO And Change The Future Of Retail
    Sebelum Airbnb dan Uber, eBay telah menjadi salah satu perusahaan retail dan teknologi yang terkemuka, sehingga tak heran penerapan big data analytics mereka telah lebih matang dibanding kompetitor mereka di bidang retail. Menurut mereka, kekuatan insight dari big data dapat mengubah pendirian para CEO, bahkan yang paling ‘keras kepala’ sekalipun.
  7. Utilizing Big Data in the Ad Specialty Industry
    Sekilas mengenai bagaimana data analytics digunakan oleh perusahaan-perusahaan periklanan, dan bagaimana informasi membentuk pasar di masa depan.

Tutorial dan pengetahuan teknis
  1. Every shot Kobe Bryant ever took. All 30,699 of them
    The LA Times Data Desk menunjukkan bagaimana menggunakan Jupyter untuk menganalisa setiap tembakan yang dilakukan oleh Kobe Bryant.
  2. Data Lake Governance Best Practices
    Data lake menjadi salah satu solusi untuk menggali value big data, namun salah satu tantangannya adalah masih banyak yang belum memahami betul apa yang membentuk sebuah data lake dan bagaimana pengelolaannya. Berikut ini beberapa best practices dalam pengelolaan data lake, untuk memaksimalkan nilai yang dapat dimanfaatkan.
  3. Where Europe lives, in 14 lines of R Code
    Visualisasi kepadatan penduduk di Eropa, dalam 14 baris R code.
  4. Gender and verbs across 100,000 stories: a tidy analysis
    Analisis terhadap deskripsi plot dari 100.000 film, novel, acara televisi, dan games. Menentukan kata kerja dan kemunculannya berdasar gender (she dan he), dilakukan dengan R, tidytext package.
  5. 16 Free and Open-Source Business Intelligence Tools
    Saat ini business intelligence mengambil peran yang semakin penting dalam proses pengambilan keputusan. Namun tidak semua perusahaan mau ataupun mampu untuk membeli tools yang mahal. Berikut ini 16 tools business intelligence yang free dan open-source, yang sesuai untuk perusahaan kecil atau mereka yang baru ingin menjajagi penerapannya di organisasi mereka.
  6. Finally, a peek inside the ‘black box’ of machine learning systems
    Banyak sistem pintar mulai dari penerjemah otomatis sampai mobil swa-kemudi menggunakan jaringan syaraf tiruan. Salah satu permasalahan penggunaan JST adalah cara kerjanya yang bersifat ‘black-box’. Hal ini menjadi kekhawatiran, terutama untuk penerapannya di bidang yang kritis, seperti sistem pesawat terbang. Namun akhirnya kini kita dapat ‘mengintip’ ke dalam black-box tersebut untuk memastikan apakah sebuah kondisi akan direspon dengan benar oleh JST tersebut. Peneliti dari Stanford University menciptakan sistem verifikasi otomatis untuk deep neural network, yang dinamakan Reluplex.

Rilis produk

  1. The Apache Software Foundation Announces Apache® Metron™ as a Top-Level Project
    Apache Metron, platform open source untuk cyber security analytics, akhirnya berstatus top level project di AFS.
  2. R 3.4.0 is released
    Perubahan yang paling penting dalam rilis ini adalah kompiler byte-code JIT (Just In Time) secara default di-enable di level 3. Selain itu terdapat perbaikan kinerja, konsistensi, akurasi, dan lain-lain.
Tertarik dengan Big Data beserta ekosistemnya? Gabung